Pengaruh komitmen diri dan motivasi diri terhadap hasil belajar siswa dengan pembelajaran online
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hasil belajar siswa mata pelajaran agama Buddha tingkat SMP di Kalimantan Tengah masih belum semua mencapai kriteria ketuntasan minimal yang disebabkan komitmen diri dan motivasi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen diri terhadap hasil belajar, untuk mengetahui pengaruh motivasi diri terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui pengaruh komitmen diri dan motivasi diri terhadap hasil belajar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara, teknik pengolahan data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif secara signifikan antara komitmen diri dan hasil belajar. ditunjukkan oleh nilai koefisiensi determinasi yang diperoleh adalah 0,338 atau 33,8% sehingga dapat ditafsirkan bahwa Komitmen Diri (X1) memiliki kontribusi pengaruh sebesar 33,8% terhadap variabel Hasil Belajar. Terdapat hubungan positif secara signifikan antara motivasi diri dan hasil belajar ditunjukkan dari hasil nilai koefisiensi determinasi yang diperoleh adalah 0,375 atau 37,5% sehingga dapat ditafsirkan bahwa Motivasi Diri memiliki kontribusi pengaruh sebesar 37,5% terhadap variabel Hasil Belajar. Komitmen diri dan motivasi diri secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar. Regresi ganda menunjukkan bahwa peningkatan nilai komitmen diri dan motivasi diri akan menyebabkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Komitmen diri dan motivasi diri secara bersama-sama berperan sebesar 41% terhadap hasil belajar. Sisanya sebesar 59% ditentukan oleh faktor lain di luar variabel yang terkait penelitian.
Kata kunci: Komitmen diri, Motivasi diri, Hasil Belajar