Penerapan Model Pembelajaran PJBL dalam Meningkatkan Antusiasme dan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan Pembelajaran IPS Kelas VI SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui Langkah-langkah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran IPS, 2) mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran IPS, dan 3) mengetahui penerapan model Project Based Learning ini dapat dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V Mangunsari 03. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif serta teknik pengumpulan data berupa tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil untuk antusiasme pada siklus I didapatkan bahwa sebanyak 19 peserta didik (68%) berada pada kategori kurang, 5 peserta didik (18%) pada kategori cukup dan 4 .peserta didik (14%) pada kategori baik. Kemudian antusiasme peserta didik meningkat pada siklus II dimana hasil data yang diperoleh menyebutkan bahwa persentase antusiasme peserta didik kelas VI mengalami peningkatan, hal itu dapat dilihat bahwa 17 peserta didik ( 61%) berada pada kategori sangat baik dan 11 peserta didik (39%) berada pada kategori baik. Dari data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II terdapat peningkatan rata – rata hasil belajar peserta didik, bahwa sebanyak 16 peserta didik dengan persentase 57% tuntas mencapai KKM ≥ 70 pada hasil tes evaluasi pada siklus I. Sedangkan pada siklus II terdapat 24 peserta didik dengan persentase 86% tuntas KKM ≥ 70 dengan rata – rata 83,21. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran PjBL dapat meningktakan antusiasme dan hasil belajar peserta didik muatan pembelajaran IS kelas VI SD.
Kata kunci: model pembelajaran, project based learning, hasil belajar, antusiasme