Peran Kepala Sekolah dalam MBS di SD Kota Kudus
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambarann peran kepala sekolah dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah (MBS) dan juga untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan MBS. Penelitian ini bersifat deskriptif dan melibatkan subjek penelitian seperti kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, sementara teknik triangulasi digunakan untuk memastikan keabsahan data. Data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, peran kepala sekolah dalam konteks MBS ditemukan cukup baik dengan skor rata-rata sebesar 70,30, dan meliputi profesionalitas, tata kelola sarana prasarana, inovator, dan tata kelola sumber dana. Faktor penghambat dalam penerapan MBS adalah kurangnya komunikasi yang efektif di sekolah dan kurangnya sosialisasi terkait penerapan MBS, sementara faktor pendukung adalah peran aktif dari warga sekolah dalam pelaksanaan MBS dan dukungan dari pengawas sekolah.
Kata kunci: MBS, kepala sekolah.