Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Subtema 1 Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia

  • Shelly Loreta Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Juni Agus Simaremare Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Partohap Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Keywords: Metode Demonstrasi, Minat Belajar Siswa, sekolah dasar

Abstract

Observasi awal di SD Negeri 121308 yang dilakukan peneliti, yaitu pada saat melakukan Praktik Pengalaman Lapangan. Peneliti melihat kurangnya minat siswa dalam belajar. Siswa kelas III berjumlah 39 anak. Ada sekitar 21% siswa atau sekitar 8 siswa terlambat memasuki kelas, 13% siswa atau sekitar 5 siswa yang tidak membawa buku pembelajaran dan 26% siswa atau sekitar 10 siswa yang tidak mengerjakan tugas (PR). Selain itu, peneliti juga melihat bahwa kurangnya kreativitas guru dalam menyajikan pembelajaran. Selalu menggunakan metode ceramah di dalam menyajikan pembelajaran.Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif metode pre-eksperimental desain jenis one-group pretesst-posttest. Instrumen penelitian berbentuk test berupa pretest dan posttest untuk mengukur prestasi belajar dan non-test lembar Observasi untuk mengukur sikap. Instrumen tersebut digunakan setelah melakukan beberapa pengujian seperti uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda. Tahap selanjutnya adalah analisis data, pada tahap inilah peneliti dapat merumuskan hasil-hasil penelitiannnya dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas data dan uji hipotesis.Data yang didapatkan 15 soal valid dan reliabel. Data yang diujikan normal dan homogen karena 0,05, hasil normalitas yang di dapat 0,958 dan homogenitas mendapatkan 0,333.Penerapan metode demonstrasi dapat memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa terkhususnya pada tema 2 subtema 1 manfaat tumbuhan bagi manusia. Dengan hasil angka yang diperoleh menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima. Keberhasilan ini juga dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan minat belajar terhadap nilai belajar siswa dengan nilai mean sebesar 83,62.

Author Biographies

Shelly Loreta Napitupulu, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu pendidikan

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Partohap Sihombing, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Keguruan dan Ilmu pendidikan

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Published
2023-01-02
DOI : https://doi.org/10.53565/pssa.v8i2.579