Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Sub Tema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup di Kelas III SD Negeri

  • Sukmawanty Nur Azizah Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Lisbet Novianti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Keywords: model pembelajaran Make a Match, hasil belajar, tematik

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik subtema 1 ciri-ciri makhluk hidup di kelas III. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas III SD Negeri 091416 Afd.I Bah Birong Ulu sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 095178 Bah Birong Ulu sebagai kelas kontrol yang berjumlah 15 peserta didik pada masing-masing kelas dengan total 30 peserta didik. Instrument yang digunakan berupa tes hasil belajar peserta didik yaitu pre-test dan post-test dengan soal pilihan ganda. Data yang diperoleh selanjutnya di analisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif diperoleh hasil belajar kelas eksperimen pada post-test mendapatkan nilai rata-rata sebesar 88,33. Sedangkan hasil belajar kelas kontrol pada post-test mendapatkan nilai rata-rata sebesar 77,66. Terlihat hasil belajar kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Make a Match lebih tinggi peningkatannya dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan uji t dengan signifikan (2-tailed) sebesar 0,015. Nilai signifikansi yang menunjukkan 0,015<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik subtema 1 ciri-ciri makhluk hidup dikelas III.

Author Biographies

Sukmawanty Nur Azizah, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Lisbet Novianti Sihombing, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Hetdy Sitio, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Published
2023-01-02
DOI : https://doi.org/10.53565/pssa.v8i2.573