Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SD Negeri Simalungun
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SD Negeri Simalungun. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian eksperimen ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 091416 Afd. I Bah Birong Ulu dan seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 091573 Bah Jambi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre test dan post test. Perolehan nilai rata-rata post test kelas eksperimen adalah sebesar 86,76 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 74,71. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan uji t dengan nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 maka terdapat berbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Dimana pada hasil penelitian nilai signifikan (2-tailed) = 0,001 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bawasannya penggunaan model pembelajaran Index Card Match berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri.
