Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SD Negeri Simalungun

  • Annur Riza Mastita Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Lisbet Novianti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Keywords: Model Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar, Tematik

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SD Negeri Simalungun. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian eksperimen ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 091416 Afd. I Bah Birong Ulu dan seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 091573 Bah Jambi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre test dan post test. Perolehan nilai rata-rata post test kelas eksperimen adalah sebesar 86,76 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 74,71. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan uji t dengan nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 maka terdapat berbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Dimana pada hasil penelitian nilai signifikan (2-tailed) = 0,001 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bawasannya penggunaan model pembelajaran Index Card Match berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri.

Author Biographies

Annur Riza Mastita, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Lisbet Novianti Sihombing, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Hetdy Sitio, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Published
2023-01-02
DOI : https://doi.org/10.53565/pssa.v8i2.572