Pengaruh Reward dan Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri

  • Tri Oktafenesya Oktafenesya Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbety Novianti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Keywords: Reward, , Ice Breaking, Minat Belajar

Abstract

Pada proses belajar mengajar hendaknya guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Reward dan ice breaking merupakan salah satu cara untuk menciptakan proses belajar mengajar menjadi menyenagkan, menarik, inovatif, kreatif dan aktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian angket atau kuesioner. Teknik samplingnya menggunakan sampling jenuh. Sampelnya yaitu siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun dan SD Negeri 091498 Pematang Tanah Jawa yang terdiri dari 92 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tiga uji yaitu (1) uji instrument (validitas dan reliabilitas), (2) uji prasyarat (uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), (3) uji hipotesis (regresi linear berganda, uji simultan (F) dan koefisien determinasi). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa :ada pengaruh pemberian reward dan ice breaking terhadap minat belajar  siswa kelas IV SD Negeri Tanah Jawa yang telah didapatkan hasilnya menggunakan analisis  regresi linier berganda melalui uji simultan (F) diperoleh nilai Asymp. Sig 0,000 (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien  = 0,445 atau jika dipresentasekan menjadi 44,5%. Dengan demikian H1 diterima H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan  bahwa reward dan ice breaking berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri.

Author Biographies

Lisbety Novianti Sihombing, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Eva Pasaribu, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Published
2023-01-02
DOI : https://doi.org/10.53565/pssa.v8i2.571