Pengaruh Reward dan Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri
Abstract
Pada proses belajar mengajar hendaknya guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Reward dan ice breaking merupakan salah satu cara untuk menciptakan proses belajar mengajar menjadi menyenagkan, menarik, inovatif, kreatif dan aktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian angket atau kuesioner. Teknik samplingnya menggunakan sampling jenuh. Sampelnya yaitu siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun dan SD Negeri 091498 Pematang Tanah Jawa yang terdiri dari 92 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tiga uji yaitu (1) uji instrument (validitas dan reliabilitas), (2) uji prasyarat (uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), (3) uji hipotesis (regresi linear berganda, uji simultan (F) dan koefisien determinasi). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa :ada pengaruh pemberian reward dan ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Tanah Jawa yang telah didapatkan hasilnya menggunakan analisis regresi linier berganda melalui uji simultan (F) diperoleh nilai Asymp. Sig 0,000 (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien = 0,445 atau jika dipresentasekan menjadi 44,5%. Dengan demikian H1 diterima H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa reward dan ice breaking berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri.
