Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Siswa

  • Purnomo Ratna Paramita STABN Sriwijaya Tangerang
Keywords: Contextual Teaching and Learning, Learning Outcomes, Buddhist Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Kontekstual yang dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha siswa. Penelitian berlokasi di SMP Negeri 1 Teluknaga Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan pola non-equivalent control group design dimana terdapat 2 kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan model kontekstual dan kelompok kontrol diberi perlakuan dengan model konvensional (ceramah). Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen dan kontrol sama yakni 6,5 sedangkan nilai rata-rata  posttest berbeda antara kelompok eksperimen yakni 8,4 dan kontrol 7,0 yang berarti penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran di kelompok eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa lebih signifikan dibandingkan penerapan model ceramah di kelompok kontrol. Data dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan perhitungan berdasarkan kriteria hasil tes siswa secara klasikal yaitu nilai prestasi rata-rata siswa dalam satu kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Buddha siswa secara signifikan.

Published
2023-06-15
DOI : https://doi.org/10.53565/pssa.v9i1.519