ANALISIS METODE MENGAJAR GURU AGAMA BUDDHA SMA PADA MATERI UTU NIYAMA DI KABUPATEN WONOGIRI (STUDI KASUS)
Abstract
Penelitian ini mengkaji metode mengajar guru agama buddha SMA yang ada di kabupaten Wonogiri dalam membentuk pengetahuan bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Wonogiri, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan pengecekan keabsahan dengan triangulasi data dan sumber, dengan mempertimbangkan derajat kepercayaan, keteralian, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini yaitu guru dalam penyampaian materi agama buddha menggunakan berbagai cara dan teknik dalam hal ini guru menggunakan penalaran sederhana sehingga anak mudah memahami, guru juga menggunakan peta konsep pemahaman dalam menjelaskan pelajaran sehingga anak sangat mudah menangkap konsep yang dijelaskan selain itu guru juga menggunakan gambar- gambar yang mudah diingat oleh anak dalam menghafalkan point penting dalam pemahaman konsep.
