Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

  • Rohman Sidiq Universitas Lampung
  • Herpratiwi Herpratiwi Universitas Lampung
  • Ryzal Perdana Universitas Lampung
Keywords: hasil belajar, Lembar Kerja Peserta didik, Konstruktivisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk LKPD berbasis Konstruktivisme yang valid dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang merujuk teori R&D Borg & Gall. Populasi penelitian adalah peserta didik V SD di Desa Raman Aji Kecamatan Raman Utara Lampung Timur. Sampel penelitian yang ditentukan dengan purposive sampling adalah 25 peserta didik kelas VA SD Negeri 2 Raman Aji. Data dikumpulkan melalui lembar angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD berbasis konstruktivisme layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi dan ahli desain dengan katagori “Sangat Layak”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis konstruktivisme Sangat layak dan Efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD.

Published
2022-07-08
DOI : https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.441