Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya Tangerang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen dan efikasi diri terhadap prestasi akademik mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex post facto dengan teknik simple random sampling. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa STABN Sriwijaya yang mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sejumlah 343 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya pada variabel penelitian. Penelitian ini telah memenuhi uji persyaratan asumsi klasik. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data penelitian ini terdapat pengaruh kompetensi dosen dan efikasi diri secara signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya Tangerang dengan nilai sig 0,000 dan nilai Fhitung sebesar 37,76 ≥ Ftabel sebesar 3,05 dan sumbangan pengaruhnya sebesar 0,295 atau 29,5%. Hasil uji persamaan regresi linier berganda yang diperoleh yaitu Y = 74,571 + 1,821 + 2,062. Hasil analisis regresi secara parsial diperoleh simpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh kompetensi dosen terhadap sikap sosial siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Buddha jika variabel efikasi diri dikendalikan dengan nilai sig 0,000; (2) terdapat pengaruh konsep diri terhadap sikap sosial siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Buddha jika variabel efikasi diri dikendalikan dengan nilai sig 0,000.
Kata kunci: Kompetensi Dosen, Efikasi Diri, Prestasi Akademik Mahasiswa, dan Agama Buddha