Pengaruh iklim belajar dan komunikasi interpersonal terhadap inovasi belajar siswa SMB pada metode innovating teaching
Abstract
Abstrak
Permasalahan kurangnya inovasi belajar dari siswa SMB dalam mengikuti rangkaian kegiatan SMB. Inovasi belajar siswa yang belum muncul diduga dapat dipengaruhi oleh interaksi/komunikasi interpersonal (antar teman dan dengan Pembina SMB), dan juga iklim belajar yang kondusif.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Iklim Belajar dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Inovasi Belajar Siswa SMB pada Metode Innovating Teaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Subyek dalam keseluruhan populasi yaitu siswa SMB kelas 5 SD sampai kelas 3 SMP berjumlah 114 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan skala linkert. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai koefisiensi determinasi berpengaruh sebesar 36,2% terhadap variabel Inovasi Belajar anak. Nilai koefisiensi determinasi Komunikasi Interpersonal Anak memiliki berpengaruh sebesar 74,6% terhadap variabel Inovasi Belajar anak. Hasil uji hipotesis ketiga diperoleh Hasil tersebut menunjukkan bahwa regresi menggunakan persamaan Y = 29.278 + -0.025X1 + 0.853X2. Hasil nilai F hitung sebesar 163,543 lebih besar dari F tabel reponden (N2= N-2: 112) yaitu sebesar 3,08 (F hitung > F tabel) dan Nilai Sig sebesar 0,000 secara simultan variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Nilai korelasi (R) antara variabel variabel Iklim Belajar dan Komunikasi Interpersonal Anak terhadap Inovasi Belajar anak adalah 0,864. Ini menunjukkan bahwa hubungan ketiga variabel yang diuji berada pada kategori Sangat Tinggi. Koefisien determinasi variabel Iklim Belajar dan Komunikasi Interpersonal Anak berkontribusi pengaruh sebesar 74,7% terhadap Inovasi Belajar anak.
Kata Kunci : Iklim Belajar, Komunikasi Interpersonal, Inovasi belajar
![](https://jurnal.radenwijaya.ac.id/public/site/images/adminjurnal/doi.jpg)