Pengaruh Mindfulness terhadap Minat Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Bandar Lampung Tahun 2021

  • Ary Sugata STIAB Jinarakkhita Lampung
  • Sidartha Adi Gautama STIAB Jinarakkhita Lampung
  • Eko Pramono STIAB Jinarakkhita Lampung
  • Burmansah Burmansah STIAB Jinarakkhita Lampung
  • Rapiadi Rapiadi STIAB Jinarakkhita Lampung
Keywords: mindfulness, minat belajar

Abstract

Minat belajar sering menjadi permasalahan dalam pembelajaran. Pembelajaran menjadi kurang efektif dengan keadaan mahasiswa yang kurang senang, kurang tertarik, kurang perhatian dan kurang antusias dalam mengikuti perkuliahan. Hal ini perlu adanya mindfulness untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran Pengaruh Mindfulness Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Bandar Lampung Tahun 2021. Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan proportional random sampling sehingga kuesioner didistribusikan secara acak. Hasil pengujian hipotesis dan regresi linear sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 24,322 dengan tingkat signifikan 0,000 sedangkan t tabel dengan n = 71 dan α = 0,05 diperoleh nilai 1,667. Hal ini dapat diasumsikan bahwa t hitung ≥ t tabel (24,322 > 1,667) atau sig < 0,05 (0,000 ≤ 0,05) maka Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Sedangkan nilai R Square pada penelitian ini adalah 0,896 yang berarti bahwa mindfulness berpengaruh terhadap minat belajar sebesar 89,6%. Dengan hasil analisis data tersebut maka disimpulkan bahwa ada Pengaruh Mindfulness Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Bandar Lampung Tahun 2021. Besaran pengaruh tersebut adalah 89,6%, sedangkan 10,4% dipengaruhi oleh factor lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-31
DOI : https://doi.org/10.53565/abip.v8i2.649