PERAN MANAGER DALAM MENJALIN KERJASAMA DENGAN ONLINE TRAVEL AGENT UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR DI HOTEL DAMANAKA PANGALENGAN BANDUNG

  • Darmaesti Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Widyanita Indriana Putri Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Keywords: Peran Manajer, Kerjasama, Online Travel Agent

Abstract

Peran manager dalam mengelola perusahaan di dunia industri menentukan perkembangan usaha yang dijalankan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui peran pengelola Hotel Damanaka Pangalengan Bandung dalam meningkatkan tingkat okupansi kamar serta mengetahui manfaat yang diperoleh Hotel Damanaka Pangalengan Bandung dengan melakukan kerjasama dengan online travel agent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi yaitu observasi tidak terstruktur. Analisis data terapan meliputi pengumpulan data, reduksi data dan inferensi atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan peran Manajer Hotel Damanaka dalam menjaga fasilitas hotel dalam kondisi baik, memenuhi standar keamanan yang ditetapkan, dan melindungi tamu, karyawan, dan aset hotel dari potensi risiko atau bahaya. Peranan Manajer Hotel Damanaka Pangalengan Bandung yang bekerja sama dengan online travel agent yaitu RedDoorz terlihat dari perubahan signifikan yang membuat Hotel Damanaka Pangalengan Bandung semakin dikenal, pendapatan Hotel Damanaka Pangalengan Bandung meningkat, banyak tamu yang menginap di Hotel Damanaka Pangalengan Bandung dari berbagai daerah, kemudahan dalam melakukan reservasi di Hotel Damanaka Pangalengan Bandung dan tidak pernah mengalami kerugian melainkan untung dan semakin maju. Manfaat kerjasama dengan online travel agent RedDoorz bagi Hotel Damanaka Pangalengan Bandung dapat memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan pendapatan, dan memperkuat brand image di industri perhotelan.

References

Bunyamin, B. (2021). Aplikasi RedDoorz Sebagai Sarana Peningkatan Hunian Kamar Hotel Lucky Inn Di Makassar. Macakka Journal, 60-68.

Chen, Y. (2015). The impact of hotel relationship quality on relationship outcomes: A conceptual model. Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism, 383-407.

Putro, G. (2022). Pengaruh Online Travel Agent (ota) traveloka terhadap tingkat hunian kamar pada hotel calista beach baubau. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 1683-1700.

Wirya, I. M. (2020). Peranan Manager Dalam Menjaga Semangat Kerja Karyawan Perjanjian Kerja Untuk Waktu Tertentu (Pkwt) Di Hotel Grand Hyatt Bali. Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya, 90-102.

Wistari, K. (2021). Peran Public Relation Dalam Meningkatkan Hunian Hotel Kawasan Nusa Dua Di Masa Pandemi. SISTA: Jurnal Akademisi dan Praktisi Pariwisata, 52-58.

Wulandari. (2018). Peran Public Relations di Hotel Grand Clarion & Convention Makassar Dalam Menunjang Tingkat Hunian Hotel. Al Qisthi, 59-71

Published
2023-12-31
DOI : https://doi.org/10.53565/sabbhatayatra.v4i2.972