DETERMINASI AUTHENTIC EXPERIENCE DAN NILAI WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DALAM PERJALAN SLOW TOURISM DI DESA WISATA CIBURIAL KABUPATEN GARUT

  • Rizki Maulana Universitas Garut
  • Rohimat Nurhasan Universitas Garut
  • Stanny Dhamayanty Universitas Garut
Keywords: Slow tourism, Authentic Experience, Nilai Wisata, Kepuasan Wisatawan

Abstract

Transformasi dalam tren pariwisata global telah mendorong munculnya konsep slow tourism yang menekankan pada pengalaman perjalanan yang mendalam, autentik, dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis pengaruh kausal antara authentic experience dan nilai wisata terhadap kepuasan wisatawan dalam konteks perjalanan slow tourism di Desa Wisata Ciburial, Kabupaten Garut. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang pernah berkunjung ke Desa Wisata Ciburial, dengan jumlah sampel ditentukan melalui rumus Slovin menjadi 100 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, hanya nilai wisata yang berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan, sedangkan authentic experience tidak menunjukkan pengaruh yang berarti. Temuan ini menegaskan pentingnya pengelolaan nilai wisata yang optimal sebagai faktor penyebab utama dalam meningkatkan kepuasan wisatawan serta memperkuat pengembangan destinasi slow tourism yang berkelanjutan.

References

Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh Attraction, Accessibillity, Amenity, Ancillary Terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(1), 53–59. https://doi.org/10.34013/jk.v4i1.41
Chamdani, U. (2020). Kepariwisataan Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 16(2), 11–15. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/18072
Firdaus, A., Farida, N., & Widiartanto, W. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali melalui Keputusan Berkunjung sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 774–781. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.36128
Fitri Nurlestari, A. (2016). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Kunjungan Ulang Wisatawan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening Pada Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor. Jurnal Pariwisata, 2, 1–9.
Hapsara, O., & Ahmadi, A. (2022). Analisis Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung: Citra Destinasi Dan Aksesibilitas Pada Geopark Merangin Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(01), 64–76. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.14802
Kementrian Pariwisata. (2023). Laporan kinerja.
Kolar, T., & Zabkar, V. (2010). A consumer-based model of authenticity: An oxymoron or the foundation of cultural heritage marketing? Tourism Management, 31(5), 652–664. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2009.07.010
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Management & Marketing. In E. Svendsen (Ed.), Journal of Clinical Orthodontics (Vol. 58, Issue 1). Journal of Clinical Orthodontics.
Nurhasan, R., & Gunawan, G. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Style Leather Collections. Jurnal Wacana Ekonomi, 15(03). www.jurnal.uniga.ac.id
Oh, H., Assaf, A. G., & Baloglu, S. (2016). Motivations and Goals of Slow Tourism. Journal of Travel Research, 55(2), 205–219. https://doi.org/10.1177/0047287514546228
Prebensen, N. K., Woo, E., Chen, J. S., & Uysal, M. (2013). Motivation and Involvement as Antecedents of the Perceived Value of the Destination Experience. Journal of Travel Research, 52(2), 253–264. https://doi.org/10.1177/0047287512461181
Putri, N. L. I., Fauziyyah, S., & H., R. T. F. (2018). Peran Digital Marketing Terhadap Brand Equity Produk Pariwisata. UNEJ E-Proceeding, 2017, 406–410. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6684
Rahayu, A. B., Nurhasan, R., & Dhamayanty, S. (2024). Pengaruh Servicescape dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Balong Aja Kabupaten Garut. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 38–51.
Song, Q., & Feng, W. (2021). Interests-Based Local Experience Tourism: A New Tourism Product Design in China. Open Journal of Social Sciences, 09(04), 413–426. https://doi.org/10.4236/jss.2021.94030
Wibowo, L. A., & Nurhasan, R. (2020). Analisis Faktor Corporate Reputation pada Tempat Wisata. Fakultas Ekonomi Universitas Garut, 19(2), 2–4.
Published
2025-07-31
DOI : https://doi.org/10.53565/sabbhatayatra.v6i1.1856