ANALISIS PEMILIHAN PRODUK PAKET UMRAH DI PT. DAGO WISATA INTERNASIONAL MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS
Abstract
Penyelenggaraan ibadah umrah berkaitan erat dengan kenyamanan dan kesejahteraan jamaah, baik secara fisik maupun spiritual. Oleh karena itu, pemilihan paket umrah yang sesuai menjadi hal penting. Penelitian ini bertujuan guna menetapkan prioritas kriteria dan alternatif paket umrah yang paling sesuai dengan kebutuhan jamaah. Kriteria yang digunakan meliputi atraksi, fasilitas, aksesibilitas, citra destinasi, dan harga. Alternatif yang dibandingkan adalah Umrah Plus Cairo, Umrah Plus Turki, dan Umrah Plus Oman. Pendekatan yang diterapkan yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan aplikasi Expert Choice, berdasarkan penilaian dari dua responden terpilih yaitu pelanggan PT. Dago Wisata Internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas menjadi kriteria utama dibandingkan kriteria atraksi, aksesibilitas, citra destinasi, dan harga. Sementara itu, Umrah Plus Turki menjadi alternatif yang paling diprioritaskan karena memiliki keunggulan dari setiap kriteria dibandingkan Umrah Plus Cairo dan Umrah Plus Oman.
References
KementrianAgamaRI. (2025). Grafik Jamaah Umrah Indonesia 3 Tahun Terkhir. Instagram. https://www.instagram.com/p/DFmiM-ryjuJ/?igsh=MXd5YmhkaThnaDFsag==
Martianto, I. A., Iriani, S. S., & Witjaksono, A. D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1370–1385. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3543
Novila, S., & Mujib, A. (2023). Manajemen Strategi Pelayanan Prima PT. Dago Wisata Internasional dalam Meningkatkan Kepuasan Jemaah Haji dan Umrah. Mabrur: Academic Journal of Hajj and Umra, 1(2), 137–154. https://doi.org/10.15575/mjhu.v1i2.26450
Pardon, A. A. (2023). Analisis Pemilihan Produk Paket Wisata Di Pt. Wakca Intan Wisata Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process.
Rahma, E., Martilova, N., Islam, U., Sjech, N., & Djambek, M. D. (2024). Analisis Pengaruh Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Paket Umroh pada Travel Al-Azhar Bukittinggi Al-Azhar Bukittinggi . Fasilitas seperti Wi-Fi , kursi , dan meja bagi calon jemaah yang datang. 3(4).
Saputra, M. I. H., & Nugraha, N. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus: Penentuan Internet Service Provider Di Lingkungan Jaringan Rumah). Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 25(3), 199–212. https://doi.org/10.35760/tr.2020.v25i3.3422
Sudradjat, A., Sodiqin, M., & Komarudin, I. (2020). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Terhadap Pemilihan Merek CCTV. Jurnal Infortech, 2(1), 19–30. https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.7660
Yosita, N. K., Tirtawati, N. M., Nyoman, L., & Lilasari, T. (2024). Domestic Tourists ’ Perceptions of Education-Based Tourism Products at Bali Bird Park Persepsi Wisatawan Nusantara Terhadap Produk Wisata Berbasis Edukasi di Bali Bird Park. 2(10), 1349–1364.
