MINAT BERKUNJUNG DI WANA WISATA: DITINJAU DARI ONLINE CUSTOMER REVIEW YOUTUBE DAN KUALITAS INFORMASI

  • Mar'atul Fahimah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Muhammad Arsyadul Arief Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Online Customer Review Youtube, Kualitas Informasi, Minat Berkunjung

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi bagaimana ulasan pelanggan yang ditemukan di YouTube dan kualitas informasi yang tersedia memengaruhi ketertarikan calon wisatawan untuk mengunjungi Wana Wisata Sumberboto Mojowarno, yang terletak di Jombang. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan observasi langsung. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden, yang merupakan calon wisatawan yang telah melihat ulasan tentang Wana Wisata Sumberboto Mojowarno di YouTube. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda untuk menguji model penelitian dan hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel ulasan pelanggan di YouTube memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berkunjung. Selain itu, variabel kualitas informasi juga terbukti memiliki pengaruh positif dan penting terhadap minat berkunjung ke Wana Wisata. Secara bersama-sama, kedua variabel ini juga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap minat berkunjung. Dengan kata lain, kombinasi antara informasi yang diperoleh dari ulasan YouTube dan kualitas informasi yang tersedia secara keseluruhan dapat secara efektif meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi Wana Wisata tersebut.

References

Adri Makarim, I., & Pradana, B. I. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital, Word of Mouth, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(1), 139–146. https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.1.1.38
Afifudin, D., Amir, I. T., & Atasa, D. (2023). Pengaruh Sales Promotion dan Kualitas Informasi pada Media Sosial Instagram terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Karanganjar Koffieplantage. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(3), 3531. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.4595
Alimudin, M., & Dharmawati, D. M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Minat Pariwisata Pulau Pari (Mix Method: Exploratory Sequential Design). Jurnal EMT KITA, 6(2), 342–350. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.689
Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37–52. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i1.6001
Arnantika, D., & Soepatini. (2024). PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN INFLUENCER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA WISATA UMBUL KEMANTEN. Jurnal Manajemen Dirgantara, 17(1), 220–228.
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Fadhlan, M., & Subakti, G. E. (2020). Perkembangan Industri Wisata Halal di Indonesia dan Dunia. Indonesian Journal of Halal, 5(1), 76–80.
Fadhlillah, A. D., & Hidayati, R. (2022). ANALISIS PENGARUH ULASAN PELANGGAN, CITRA MERK, DAN INTENSITAS PROMOSI TERHADAP PEMBUATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN. Diponegoro Journal Of Management, 11(5), 1–13. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/36590%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/download/36590/28129
Hajar, I. (2018). Youtube sebagai Sarana Komunikasi Dakwah di Kota Makassar (Analisis Sosial Media). Jurnal Al-Khitabah, Vol. V, No(Komunikasi dan Penyiaran Islam), 79 – 94. http://search.proquest.com/docview/218921399?accountid=12008
Hakim, F., & Anggraini, D. (2022). Pengaruh Terpaan dan Kualitas Informasi Akun Instagram @lrtjkt Terhadap Minat Beli Jasa. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 5(1), 78–85. https://doi.org/10.24076/pikma.v5i1.862
Husodho, W. R. (2015). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Obyek Wisata Dumilah Water Park Madiun. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 3(2). https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.667
Kartikawati, D. (2019). Implementasi Difusi Inovasi pada Kemampuan Media Baru dalam Membentuk Budaya Populer (Kajian pada Media Youtube di Kalangan Remaja). Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 83–102. https://doi.org/10.33822/jep.v1i01.447
Mahardika, E., & Gilang Gusti Aji. (2018). Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Promosi Pariwisata (Studi Kasus Pada Kota Wisata Batu). Communication & Social Media, 2(2), 5–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26051
Mahardika, V. P., & Soewito, B. M. (2021). Perancangan Video Motion Graphic Infografis Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata Pantai Pacitan Melalui Youtube. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 10(1), 91–98. https://doi.org/10.12962/j23373520.v10i1.60075
Perhutani. (2024). Mengenang Perjuangan Pasukan Wanara di Sumberboto, Jombang. Perhutani.Co.Id.
Rukmiyati, N. M. S., & Budiartha, I. K. (2016). INFORMASI DAN PERCEIVED USEFULNESS PADA KEPUASAN PENGGUNA AKHIR SOFTWARE AKUNTANSI ( STUDI EMPIRIS PADA HOTEL BERBINTANG DI PROVINSI BALI ). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 1, 115–142.
Shafwah, A. D., Fauzi, A., Yulius Caesar, L. A., Octavia, A., Indrajaya, B. L., Endraswari, J. I., & Yulia, N. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare di E-Commerce Shopee (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 5(3), 135–147. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Sono, M. G., Erwin, E., & Muhtadi, M. A. (2023). Strategi Pemasaran Digital dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha di Era Digital. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 1(04), 312–324. https://doi.org/10.58812/jekws.v1i04.712
Yandi, A., Mahaputra, M. R., & Mahaputra, M. R. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Minat Kunjungan Wisatawan (Literature Review). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 1(1), 14–27. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i1.8
Zed, E. Z., Ratnaningsih, Y. R., & Kartini, T. M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Mirai Management, 1(1), 14–23.
Published
2025-07-31
DOI : https://doi.org/10.53565/sabbhatayatra.v6i1.1706