ANALISIS PENERAPAN JOB DESCRIPTION STAFF NIGHT AUDIT UNTUK OPTIMALISASI OPERASIONAL DI HOTEL NEO GADING SOLO
Abstract
Penerapan job description yang baik membantu staff Night Audit memahami peran mereka dan memastikan proses kerja berjalan efisien, terkoordinasi, serta selaras dengan tujuan hotel. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sejauh mana penerapan job description pada staff Night Audit di Hotel Neo Gading Solo berkontribusi terhadap optimalisasi operasional hotel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif mengenai fenomena yang sedang dikaji. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan literasi serta dianalisis dengan pendekatan interpretatif atau tematik. Hasil dari penelitian, dengan adanya job description yang terstruktur, operasional malam hari dapat berjalan lebih sistematis, efisien, dan terorganisir, sehingga memberikan kontribusi signifikan terhadap optimalisasi kinerja hotel serta mendukung pencapaian tujuan operasional hotel secara keseluruhan.
References
Akasia, N. E., & Sandy, S. R. O. (2023). Peran Front Desk Agent dalam Menangani Keluhan Tamu di Front Office Aston Jember Hotel & Conference Center. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 1(1), 7. https://doi.org/10.47134/pjpp.v1i1.1896
Darmaesti, & Indriana Putri, W. (2023). Peran Manager Dalam Menjalin Kerjasama Dengan Online Travel Agent Untuk Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Di Hotel Damanaka Pangalengan Bandung. Sabbhata Yatra: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 4(2), 198–209. https://doi.org/10.53565/sabbhatayatra.v4i2.972
Indrayana, M., Kelik Fajar Kusuma, & Jono. (2022). Perbaikan Kualitas Pelayanan Hotel Kartika Chandra dengan Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 4(2), 63–79. https://doi.org/10.37631/jri.v4i2.712
Mikhailova Natalia, P. D. (2021). Theoretical Aspects of Night Audit at Hotel Enterprises Introduction. Modern Economics, 26(March), 98–102. https://doi.org/10.36962/rsme012021
Mulia, A. A., & Febriyanti, R. (2023). Penerapan Job Description Front Desk Agent Dalam Meningkatkan Operasional Di Front Office Emersia Malioboro Hotel Yogyakarta. HOTELIER JOURNAL Politeknik Indonusa Surakarta, 9, 2442–7934.
Wigati, E., & Suryaningrum, S. E. (2018). Program Hospitality of Mandala Bhakti Tourism Academy Surakarta Program Hospitality of Mandala Bhakti Tourism Academy Surakarta. 4.
Winanto, N. S., Ekonomi, F., & Surabaya, U. S. (2020). Analisis Pengaruh Job Spesification Dan Job Describtion Terhadap Job Satisfaction Melalui Work Placement SDM Milenial Pada Masa Pandemi Covid- 19 Di Pt TFG Travelling Asia Surabaya. 4, 1–8.