IMPLEMENTASI CUSTOMER SATISFACTION INDEX PADA PAKET WISATA TOURISM EXPLORE CAMP (STUDI KASUS: KALA TOUR)
Abstract
Pariwisata merupakan industri yang saat ini menjadi penyokong salah satu perekonomian nasional. Biro perjalanan wisata sebagai salah satu pendukung industri pariwisata memiliki peran yang cukup krusial. Hal ini berkaitan dengan paket wisata yang biasanya ditawarkan akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah tertentu. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kuantitatif Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran kuisioner serta studi literatur. Sementara itu variabel penelitian yang digunakan berkaitan dengan paket wisata terdiri dari transportasi, akomodasi, produk makanan dan minuman, daya tarik wisata, kemampuan tour guide serta pengetahuan dan pengalaman. analisis data menggunakan metode customer satisfaction index (CSI). Mengacu pada hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan customer satisfaction index (CSI) pada paket wisata tourism explore camp mendaptkan nilai 0,877 dengan kriteria sangat puas
References
Data, S. A., & Jakaria, R. B. (2021). Potential Gain in Customer Value and Customer Satisfaction Index Method For Analysis of Customer Satisfaction Level (Case Study In Pt. Anteraja). Procedia of Engineering and Life Science, 1(2). https://doi.org/10.21070/pels.v1i2.1011
Hannie, H., & Sulistiyowati, N. (2018). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MODUL PENERIMAAN NEGARA GENERASI KEDUA (MPN G2) TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI). Jurnal PILARNusa Mandiri , 14(2).
Kurnia, O. (2022). PENGARUH KUALITAS PAKET WISATA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN DI KAWASAN TANJUNG LESUNG PANDEGLANG BANTEN . JURNAL MANNER , 1(2), 96–103.
Levyda, L., Ratnasari, K., & Djamhur, I. G. (2021). Pelatihan Pembuatan Paket Wisata Untuk Mendukung Wisata Kuliner Pada Biro Perjalanan Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Journal of Servite, 3(2), 87. https://doi.org/10.37535/102003220214
Lumanauw, N. (2020). PERENCANAAN PAKET WISATA PADA BIRO PERJALANAN WISATA INBOUND (STUDI KASUS DI PT. GOLDEN KRIS TOURS, BALI). Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), 19–30.
Nasution, S. F. A., Ramadhan, S. P., & Halim, J. (2018). Penerapan Metode Customer Satisfaction Index Dalam Mengukur Tingkat Pelayanan Perjalanan Wisatawan Asing di Travel Panorama Destination. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD) , 1(3).
Setiawan, S. A. (2022). PERSEPSI WISATAWAN MILENIAL TERHADAP DAYA TARIK WISATA TRIBECA PARK DI KAWASAN CENTRAL PARK JAKARTA. JHT : Journal of Hospitality and Tourism, 1(1).
Slamet, T., & Juvoni, M. A. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Event Pariwisata terhadap Minat Kunjung Wisatawan Objek Wisata Danau Situ Tunggilis Desa Situsari Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 970–979. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.3891
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV. Alfabeta.
Suja, I. W. (2011). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR SAINS SD BERMUATAN PEDAGOGI BUDAYA BALI. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1).
Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah: konsep, strategi, dan implementasi. Penerbit Pustaka Belajar.
![](https://jurnal.radenwijaya.ac.id/public/site/images/adminjurnal/doi.jpg)