STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POKDARWIS DI TEMPAT WISATA PROVINSI JAWA TIMUR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran pokdarwis di tempat wisata Provinsi Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur. Objek penelitian ini adalah empat kajian empiris yang terdiri dari strategi komunikasi pemasaran pokdarwis Desa Wisata Jurug Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo, strategi komunikasi pemasaran pokdarwis Wisata Bukit Kapur (SETIGI) Di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik, strategi komunikasi pemasaran pokdarwis Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, dan strategi komunikasi pemasaran pokdarwis Wisata Pelang Desa Tahulu Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui editing, organizing, dan finding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keempat kajian empiris terkait strategi komunikasi pemasaran pokdarwis di tempat wisata Provinsi Jawa Timur menunjukkan penggunaaan media online di dalamnya karena menjadi penyebar informasi yang efektif dengan kemampuan tanpa batasnya; 2) keempat kajian empiris terkait strategi komunikasi pemasaran pokdarwis di tempat wisata Provinsi Jawa Timur harus memperhatikan keberadaan Elektronic Word-of-Mouth yang dapat mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke suatu tempat wisata; dan 3) pokdarwis harus memperhatikan prinsip Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah, dan Kenangan) serta CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability)
References
Jannah, U., & Moefad, A. M. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA BARU SETIGIDI GRESIK JAWA TIMUR. Jurnal Ilmu Komunikasi, 114-129.
Jiwandono, D., Kusumawati, A., & Sunarti. (2020). PENGARUH eWOM TERHADAP NIAT BERKUNJUNG WISATAWAN MELALUI ATTITUDE, SUBJECTIVE NORMS, DAN PERCEIVED BEHAVIOR CONTROL. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 1-14.
Nurmayasari, D., & Meirinawati. (2017). STRATEGI KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM PENGEMBANGAN. Online Electronic Journal Portal Universitas Negeri Surabaya, 1-7.
Raihan, F. (2024, Maret 28). Wisata. Retrieved from rri: https://www.rri.co.id/wisata/611430/pentingnya-pokdarwis-untuk-pengembangan-pariwisata-daerah
Rifa'i, M., & Darajat, D. M. (2019). PENGEMBANGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POKDARWIS DESA JURUG DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS DI DESA WISATA JURUG KECAMATAN SOOKO KABUPATEN PONOROGO). JURNAL HERITAGE, 20-35.
Setyaningrum, P. (2023, November 23). Regional. Retrieved from Kompas: https://regional.kompas.com/read/2023/11/30/215920978/mengenal-pokdarwis-penggerak-sektor-pariwisata-di-tingkat-desa?page=all
Sofalinda, I., & Lestari, K. T. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA PELANG DESA TAHULU KECAMATAN MERAKURAK KABUPATEN TUBAN. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (pp. 57-62). Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe.
Wiradi, G. (2022, Agustus 18). buku. Retrieved from kompas: https://buku.kompas.com/read/2051/metode-penelitian-studi-literatur-apa-itu
Yanti, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata Di Danau Toba. Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 16-26.