Pengelolaan pembelajaran daring Pendidikan Agama Buddha di masa Pandemi Covid-19 di SD Ariya Metta

  • Rusmiyati Rusmiyati Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya
Keywords: Online Learning, Buddhist Education, Covid-19 Pandemic

Abstract

Pendidikan secara umum adalah suatu proses kehidupan untuk mengembangkan diri setiap masing-masing individu untuk hidup dan dapat melangsungkan kehidupan. Dengan adanya pandemi Covid-19 tentunya sangat berdampak pada pengelolaan pembelajaran, dari pembelajaran yang konvensional kedalam pembelajaran daring termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Buddha (PAB). Kendala yang dialami oleh guru, siswa dan orang tua murid dari tidak tersedianya gawai, internet, terbatasnya kuota, keterlambatan siswa mengumpulkan tugas, dan kurang pendampingan dari keluarga karena bekerja. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran daring PAB masa pandemi-19 di SD Ariya Metta, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menggambarkan fenomena saat ini sehingga desain penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi. Dalam pengelolaan pembelajaran daring PAB di masa pandemi dari hasil penelitian yang diperoleh yaitu: pembelajaran daring PAB meliputi tiga kegiatan yaitu perencanaan pelaksanaan dan kegiatan penutup, adanya faktor pendukung proses pembelajaran baik yang dimiliki oleh guru maupun siswa, terdapat strategi guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran daring melalui proses komunikatif, pengaturan pembelajaran sesuai dengan fasilitas yang dimiliki siswa, pengoptimalan buku paket, penyediaan platform pembelajaran, dan petunjuk pembelajaran daring yang simpel serta mudah dipahami sehingga memiliki efek positif dalam proses pembelajaran bagi guru, siswa, dan orang tua siswa utamanya dalam kolaborasi pengelolaan pemebalajaran daring PAB. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pedoman untuk perbaikan pengelolaan pembelajaran daring khususnya pada mata pelajaran PAB pada semester selanjutnya dan mata pelajaran lainnya khusunya tingkat sekolah dasar.

Kata kunciPembelajaran Daring, Pendidikan Agama Buddha, Pandemi Covid-19

Abstract

Education in general is a life process to develop each individual to live and be able to live life. With the Covid-19 pandemic, of course, it has had a huge impact on the management of learning, from conventional learning to online learning, including learning Buddhist Religious Education (PAB). Constraints experienced by teachers, students and parents of students from unavailability of gadgets, internet, limited quotas, delays in students submitting assignments, and lack of assistance from family due to work. Therefore, the purpose of this study was to identify and describe the management of PAB online learning during the 19th pandemic at Ariya Metta Elementary School, using qualitative research methods to describe current phenomena so that the research design used a phenomenological approach. In the management of PAB online learning during the pandemic, the research results obtained were: PAB online learning includes three activities namely implementation planning and closing activities, there are supporting factors for the learning process both owned by teachers and students, there are teacher strategies in overcoming online learning problems through communicative processes, learning arrangements according to the facilities owned by students, optimizing textbooks, providing learning platforms, and online learning instructions that are simple and easy to understand so that they have a positive effect on the learning process for teachers, students, and parents of students, especially in collaborative learning management PB online. It is hoped that the results of this research can be used as a guideline for improving the management of online learning, especially in PAB subjects in the following semester and other subjects, especially at the elementary school level.

Keywords: Online Learning, Buddhist Education, Covid-19 Pandemic

Published
2023-06-15