KOMUNIKASI KELOMPOK PURWOKERTO CREATOR ACADEMY DALAM INDUSTRI CONTENT CREATOR
Abstract
Geliat perkembangan teknologi 4.0 mendorong tumbuh kembangnya industri content creator. Purwokerto Creator Academy merupakan komunitas yang dibentuk untuk mewadahi insan kreatif di Kota Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk memahami interaksi dan komunikasi kelompok yang terbangun dalam komunitas Purwokerto Creator Academy. Subjek penelitian ini adalah 13 insan kreatif terpilih dan 5 orang inisiator. Proses penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam menggunakan purposive sampling pada anggota Purwokerto Creator Academy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rangkaian academy membuat anggotanya saling berkomunikasi guna menciptakan komunitas yang bergerak di bidang content creator. Komunikasi kelompok yang digunakan Purwokerto Creator Academy berbentuk mentoring, coaching dan practicing dalam proses academy. Perluasan kegiatan komunikasi yang terbangun membuat komunitas ini berkembang dalam bentuk lain yaitu agency. Perkembangan yang ada membuat perubahan peran dan status anggota. Komunitas ini cenderung menggunakan komunikasi kelompok secara tatap muka untuk saling bertukar ide kreatif dan menggunakan bahasa nonverbal dalam aktivitas kelompok berupa weekly meeting dan produksi konten kreatif.
Keywords: komunikasi kelompok, purwokerto creator academy, content creator, kreatif.