PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

  • M. Elfan Kaukab Universitas Sains Al-Qur'an Wonosobo Jawa Tengah
  • Salamah Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Rifqi Aulia Rahman Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
Keywords: Penilaian Autentik, Metode Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menerapkan penilaian autentik,  serta mengetahui hasil penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa arab. Aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa arab kelas IV MI Ma’arif Kalibeber Wonosobo sudah cukup efektif. Pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa arab kelas IV di MI Ma’arif Kalibeber Wonosobo memiliki beberapa faktor yang mendukung diantaranya kegiatan belajar siswa yang menyenangkan, alat peraga yang terpenuhi, kesiapan siswa dan guru serta waktu yang pas. Sedangkan faktor yang menghambat pelaksanaan penilaian autentik diantaranya peserta didik yang kurang disiplin dalam mengikuti pelajaran, peserta didik yang kurang kemampuannya dalam hal pemahaman, belum bisa membaca bahasa arab dan memahami arti.

Published
2021-08-10
DOI : https://doi.org/10.53565/nivedana.v2i1.282