PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I SD N II SOKOMOYO KAB. KULON PROGO YOGYAKARTA (Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Agama Buddha Kelas I Materi Lambang-Lambang Buddhis)

  • Sudarto
  • Mujiyanto STABN Raden Wijaya
  • Situ Asih STABN Raden Wijaya
Keywords: Aktivitas Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa, Media Alat Peraga

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan prestasi belajar dengan menggunakan media alat peraga pada mata pelajaran lambang-lambnag Buddhis. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan si SD N II Sokomoyo pada bulan April-Juni 2015. Kelas penelitian yang digunakan kelas I. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktivan siswa dan prestasi belajar siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri II Sokomoyo sudah mengalami peningkatan dengan menggunakan media alat peraga. Peningkatan prestasi belajar dari siklus I sebesar 20% selanjutnya siklus III menjadi 60% dengan menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 40% dan siklus III meningkat menjadi 100% hal ini menujukan peningkatan 60% dengan seluruh siswa tuntas dan memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal.

Published
2020-07-30
How to Cite
Sudarto, Mujiyanto, & Situ Asih. (2020). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I SD N II SOKOMOYO KAB. KULON PROGO YOGYAKARTA (Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Agama Buddha Kelas I Materi Lambang-Lambang Buddhis). NIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 1(1), 85-105. https://doi.org/10.53565/nivedana.v1i1.144
DOI : https://doi.org/10.53565/nivedana.v1i1.144