KONSTRUKSI CITRA POLITIK 3 BACAPRES PADA ACARA MATA NAJWA
Analisis Framing Pemberitaan dalam Media Indonesia
Abstract
Pemilihan Presiden 2024 yang menjadi isu hangat di media dan menarik perhatian publik, bukan hanya soal memilih pemimpin, tetapi juga tentang bagaimana para calon presiden dikonstruksi sehingga memunculkan citra positif dan dipersepsikan oleh masyarakat. Perusahaan media memiliki peran besar dalam menciptakan bagaimana suatu peristiwa dinikmati dan dipahami oleh pembaca. Media kerap kali menciptakan framing dan citra terhadap orang atau peristiwa tertentu. Hal ini yang dilakukan oleh media Indonesia saat memberitakan ketiga calon presiden di acara "Bacapres Bicara Gagasan" Mata Najwa pada September 2023. Dengan menggunakan metode analisis framing model Pan & Kosicki, yang terdiri dari empat komponen: struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris, serta konsep konstruksi citra model good news dan bad news, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana media di Indonesia membingkai ketiga calon presiden tersebut sekaligus mengkaji citra 3 Bacapres dalam frame yang dikembangkan dan yang dibangun oleh Media Indonesia. Selanjutnya, dilakukan pula analisis proses pembentukkan citra oleh Media Indonesia menggunakan 4 tahap. Hasil penelitian berdasarkan analisis 4 elemen analisis framing menunjukkan bahwa Media Indonesia, yang memiliki afiliasi politik dengan Anies Baswedan, cenderung menonjolkan Anies dengan framing dan citra yang positif dalam pemberitaan mereka, serta berada di tahap comprehensive proses pembentukkan citra. Sebaliknya, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di framing secara netral dan tidak menunjukkan citra apapun dan berada di tahap retention dalam proses pembentukkan citra.
References
Eriyanto. (2002). Analisis framing: Konstruksi, ideologi, dan politik media (N. Huda, Ed.; Cetakan I). LKiS Yogyakarta.
Samosir, O. (2021). Sistem perwakilan politik di era modern.
Santoso, P. (2016). Konstruksi sosial media massa. Al-Balagh, 1(1), 30–48.
AJI. (2024). Di antara literasi dan bias politik: Studi tentang tingkat kepercayaan publik terhadap media di Indonesia.
Jurnal Online:
Asyari, R. (2015). Media ownership, bias, and intervention. September.
Ayatullah, A. N., & Kurniadi, O. (2022). Konstruksi citra keluarga melalui public relation organisasi. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(1), 508–515. https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.1970
Choiriyati, S. (2015). Peran media massa dalam membentuk opini publik. Jurnal Perspektif, 1–17.
Dwijayanti, J., & Kusumastuti, Y. I. (2018). Hubungan antara cyber public relations dalam mengkomunikasikan etika bisnis dan citra Burgreens: Correlation between communicating business’ ethic through cyber public relations and Burgreens’ image. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2), 18. http://ithh.journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/view/25631/16642
Pratiwi, F. S. (2022). Efektivitas konten dan intensitas penggunaan media sosial Instagram @balikpapanku terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers di Balikpapan. Universitas Islam Indonesia, 8.5.2017, 2003–2005. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022
Febriyanti, Z., & Karina, N. (2021). Konstruksi berita CNN Indonesia tentang Gibran Rakabuming Raka pasca Pilkada Serentak Kota Solo 2020: Analisis framing perspektif Zhongdang Pan - Gerald M. Kosicki. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(06), 146–155.
Firdaus, M. A. (2024). Konstruksi citra politik Anies Baswedan di.
Guitart, I. A., Schwaiger, M., & Eberhardt, J. (2023). Journal of direct, data and digital marketing practice. Schmalenbach Journal of Business Research.
Horn, I. S. (2015). Business reputation and social media: A primer on threats and responses. Journal of Direct, Data and Digital Marketing Practice.
Junaidi, A., Eka Hari, S., Loisa, R., & Nuraflah, C. A. (2018). Media dan komunikasi politik: Potret demokrasi di Indonesia dalam perspektif komunikasi politik. Media dan Komunikasi Politik.
Kurniasri, D. (2015). Pencitraan Presiden Jokowi di surat kabar: Analisis framing terhadap pembentukan citra Presiden Jokowi di harian Koran Tempo dan Media Indonesia. 日本がん看護学会誌, 29(1), 54–61.
Luik, J. (2020). Media baru sebuah pengantar. Ilmu Komunikasi, 152 hlm. http://repository.petra.ac.id/19444/3/44_Publikasi1_06002_6825
Martha, A., Yatma, A., Yanti, N., & Yuliana, R. (2023). Kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Ödmark, S. (2023). Moral judgment and social critique in journalistic news satire. Journalism and Media, 4(4), 1169–1181. https://doi.org/10.3390/journalmedia4040074
Pembayun, J. G. (2015). Konglomerasi media dan dampaknya pada Pilpres 2014. Jurnal Interaksi, 4(2), 109–116.
Rita, P., António, N., & Afonso, A. P. (2023). Social media discourse and voting decisions influence: Sentiment analysis in tweets during an electoral period. Social Network Analysis and Mining, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.1007/s13278-023-01048-1
Silitonga, N., & Tampomori, H. R. (2024). Dukungan konglomerasi media pada pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024: Studi kasus pencalonan Anies Baswedan oleh Partai Nasdem. Jurnal Communitarian, 5(2), 840–850.
Siregar, A. K., & Qurniawati, E. F. (2022). Analisis framing pemberitaan buzzer di tempo.co. Journal of New Media and Communication, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.55985/jnmc.v1i1.1
Siregar, Z., & Berger, P. L. (2020). Social construction of mass media: Konstruksi sosial media massa. Wahana Inovasi, 7(1), 93–99.
Triandika, L. S. (2020). Bias berita pemilihan presiden dan wakil presiden di media massa lokal Madura. Komunikatif: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 9(1), 93–113.
Utaminingtyas, R. R. B., Taviyastuti, T., Rini, N., Rustono, R., & Hasyim, F. (2023). Effect of communication effectiveness and implementation of cyber public relations on image formation: A case study of Politenik Negeri Semarang. Admisi dan Bisnis, 24(1), 9–22. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/admisi/article/view/4347
Website:
Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia. (2024). Kilas Pemilu Tahun 2024. https://www.kpu.go.id/page/read/1136/kilas-pemilu-tahun-2024
Hafiez, F. A. (n.d.). Prabowo tidak permasalahkan masyarakat terima uang dari politisi. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/614873/prabowo-tidak-permasalahkan-masyarakat-terima-uang-dari-politisi
Hafiez, F. A. (2023). Anies nilai KPK harus independen seperti dahulu. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/614795/anies-nilai-kpk-harus-independen-seperti-dahulu
Hardi, A. T. (2023). Ganjar Pranowo beri nilai 7,5 terhadap kebebasan berpendapat. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/614846/ganjar-pranowo-beri-nilai-75-terhadap-kebebasan-berpendapat
