Pengaruh Ketersediaan Sarana Prasarana Pembelajaran Dan Keaktifan Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha (Penelitian ex-post facto di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kaloran)
Pengaruh Ketersediaan Sarana Prasarana Pembelajaran Dan Keaktifan Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha (Penelitian ex-post facto di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kaloran)
Abstract
Proses pembelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMP N 3 Kaloran, belum maksimal selain ada masalah dari diri peserta didik, sarana prasarana pembelajaran juga kurang memadahi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh ketersediaan sarana prasarana pembelajaran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Buddha (2) Mengetahui pengaruh keaktifan peserta didik terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Buddha, (3) Mengetahui pengaruh ketersediaan sarana prasarana pembelajaran dan keaktifan peserta didik terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Buddha. Desain penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi pada penelitian yaitu peserta didik beragama Buddha yang berjumlah 45 peserta didik, teknik dan instrumen pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa, ketersediaan sarana prasarana pembelajaran dan keaktifan peserta didik terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Buddha di SMP N 3 Kaloran.
References
Barnawi & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta. Ar-Ruzz.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah & Azwan, Z (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hariyanto. (2014). Pengaruh Perhatian Peserta Didik dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Buddha di Kabupaten Wonogiri Tahun 2014. Wonogiri. Penelitan Dosen
Karsan & Sulan. (2017). Buku Guru Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti. Jakarta: pusat kurikulun dan perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Martinia, Y. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press Dan Center For Learning Innovation (Cli).
Mulyasa, E. (2003). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Musfah, J. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui
Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktis. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Redaksi Sinar Grafika. (2014). Undang- undang SISDIKNAS (sistem pendidikan nasional) UU RI No. 20 Th. 2003. Jakarta: Sinar Grafika
Rizwani, & Widayati. (2012). Model Active Learning Dengan Teknik Learning Starts With A Question Dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik
Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas Xi Ilmu Sosial 1 Sma Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Vol. X, No. 2.
Rusidi. (2009). UNDANG-UNDANG SITEM PENDIDIKAN NASIONAL
(Pendidikan Umum Dan Pendidikan Keagamaan). Jakarta: CV. NAGA JAWA BERDIKARI.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengemabangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2004). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
. (2005). Hasil Dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, M. (2010). Pesikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Wicaksono. P. (2012). Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Velajar, Dan Minat Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhamadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Widiyanto, J. (2010). SPPSS For Windows. Surakarta: Badan Penerbit-FKUB Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Yudi, A. (2012). Pengembangan mutu pendidikan diyinjau dari sarana dan prasarana (sarana dan prasarana PPLP) (Cerdas Sifa). No. 1. Hal 1-9. Padang: Jurnal FIK UNP Padang. (diakses Jumat, 15 November 2019. 12.00 WIB