Stres Akademik Pada Siswa Beragama Buddha Serta Dampaknya Pada Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Gombong Kabupaten Kebumen)
Abstract
Terdapatnya siswa beragama Buddha yang mengalami stres akademik di SMP Negeri 4 Gombong menjadi alasan peneliti melakukan penelitian tentang Stres Akademik Pada Siswa Beragama Buddha Serta Dampaknya Pada Hasil Belajar Siswa. Tujuan penelitian (1) mengetahui sebab stres akademik pada siswa bergama Buddha. (2) menganalisis dampak stres akademik pada siswa beragama Buddha terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian studi kasus. Tempat penelitian di SMP Negeri 4 Gombong. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai Mei 2020. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi. Teknik analisis data mengacu konsep Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hambatan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran seperti tuntutan orangtua dan terdapat dampak stres akademik pada hasil belajar seperti stres negatif dan stres positif.
References
Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa Dengan Hasil Belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40-47.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5 (3), 143-148.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Qurrotu’ain, Q. (2019). Perbedaan Stres Akademik Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Pada SMA Negeri 3 Samarinda Dan SMAIT Granada Samarinda. Jurnal Psikoborneo 7, (3), pp 622-32.
Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 31 Ayat 1.