Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Hukum Tertib Kosmis Unuk Siswa Tingkat SMA

  • Fipit Nurlikasari Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri
  • Prihadi Dwi Hatmono Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri
  • Mirrah Megha Singamurti Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri
Keywords: problem based learning;, modul;, Hukum tertib kosmis (niyama);

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran Agama Buddha dan Budi Pekerti pada Materi Hukum Tertib Kosmis (Niyama) untuk siswa tingkat SMA. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Donorojo. Berdasarkan hasil penelitian validitas materi diperoleh rata-rata 0,81 dengan kategori valid, validitas media diperoleh rata-rata 0,86  dengan kategori valid. Uji kelayakan dengan responden siswa, pada uji coba kelompok kecil diperoleh presentase sebesar 86,6% menujukkan kategori sangat layak, pada uji coba kelompok besar sebesar 86,4% menunjukkan kategori sangat layak dengan reliabilitas sebesar 0,722 yang menunjukkan bahwa modul dapat dikatakan reliabel.

References

Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniati, M. E. (2016) Pengembangan Media dan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Microsoft Powerpoint untuk Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Marganingsih Muntilan. Yogyakarta: Skripsi Universitas Santa Dharma.

Ngalimun, dkk. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Parmin. (2012). Pengembangan Modul Mata Kulaiah Strategi Mengajar IPA Berbasisi Hasil
Pembelajaran. Jurnal pendidikan IPA Indonesia.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rusidi. (2009). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Pendidikan Umum dan Kependidikan Keagamaan). Jakarta: Cv. Naga Jawa Berdikari.

Setiyadi, M.W. dkk (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Science and Technology, Volume 3 Nomor 2 Agustus 2017 hal. 102-112.

Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta. Raja Grafinddo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. : Bandung: Alfabeta.

__________. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.
Published
2021-06-26