Pengembangan Instrumen Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skill) Pada Materi Pancasila Buddhis Di Sekolah Menengah Pertama (SMP)

  • Gerryt Riana Septiarie STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri
  • Hesti Sadtyadi STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri
  • Ngadat Ngadat STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri
Keywords: Instrumen Penilaian;, HOTS;, Pancasila Buddhis;, Research and development (R&D)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguraikan pengembangkan instrumen penilaian HOTS (High Order Thinking Skill) pada materi Pancasila Buddhis di Sekolah Menengah Pertama. Serta menguraikan dan mengetahui kelayakan instrumen penilaian HOTS pada materi Pancasila Buddhis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Berdasarkan uji analisis faktor dihasilkan nilai KMO sebesar 0,727 dengan anti image , dengan nilai lebih besar dari 0,5 yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas dengan nilai cronbach alpha sebesar 0,725 dalam uji skala kecil dan 0,749 pada uji skala besar, yang berarti instrumen reliabel. Hasil analisis Aiken penilaian dari ahli materi diperoleh nilai rata-rata 0,90, penilaian dari ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata 0,93, penilaian dari ahli evaluasi diperoleh nilai rata-rata 0,92, sehingga instrumen dikatakan valid. Hasil penilaian dari uji kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 67,80 dari uji kelompok besar diperoleh nilai rata-rata 70,83 yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut layak untuk digunakan bagi peserta didik

References

Djaali & Muljono. (2007). Kegiatan penilaian buku teks pelajaran pendidikan dasar dan menengah. Buletin BNSP vol.II/No.1/Januari 2007. Jakarta: BNSP

Ernawati, L. (2017). Pengembangan High Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Metode Pembelajaran Mind Banking Dalam Pendidikan Agama Islam. Diakses pada tanggal 17 Februari 2018.

Fitriani, D. & Suryana, F.“Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning di Sekolah Dasar Kelas IV”, (Online) Indonesian Journal of Primary Education, Vol. 2. No. 1. 2018. (Diakses tanggal 4 Juni 2018).

Mudyahardjo. (2008). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pembelajaran.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Sugiyono. (2003). Reliabilitas dan Validitas. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Published
2020-12-14
DOI : https://doi.org/10.53565/bahusacca.v1i2.375