Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Buddha Kelas VI SD
Abstract
Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu invosi di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Pendidikan Agama menjadi salah satu core values dalam proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif Pendidikan Agama Buddha untuk kelas VI SD, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif Pendidikan Agama Buddha kelas VI SD. Desain penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan media menggunakan model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif sebagai data pokok dan data kualitatif berupa saran dari responden sebagai data tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan subyek penelitian siswa kelas VI SD yang beragama Buddha dengan jumlah 42 orang. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa:(1)pengembangan media pembelajaran interaktif Pendidikan Agama Buddha melalui tahap konsep, perancangan, pengumpulan bahan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi, (2)kelayakan media pembelajaran interaktif Pendidikan Agama Buddha menurut ahli media termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata skor 3,22 dan presentase kulaitas media 82,5%, menurut ahli materi termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata skor 3,48 dan presentase kualitas media 86,9%, menurut responden termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata skor 3,41 dan prsesntase kualitas media 85,4%. Jadi berdasarkan ahli media, ahli materi, dan siswa maka media pembelajaran interaktif ini layak digunakan untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Buddha siswa kelas VI SD.
kata kunci: media pembelajaran interaktif; Pendidikan Agama Buddha; Android; MDLC
References
Anitah, Sri. (2010). Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Surakarta: Yuma Pustaka.
Arikunto S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arriza, Lovieanta. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash pada Materi Lingkaran untuk Kelas VIII SMP Swasta Islam Annur Prima. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital, Dasar Teori + Pengembangannya. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Brown, A. (2020). Everything You’ve Wanted to Know About Gen Z But Afraid to Ask. Forbes. diakses online pada 20 November 2021
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Buku Guru Pendidikan Agama Buddha Dan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Koesnandar, Ade. (2006). Pengembangan Software Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal Teknodik No. 18/X/TEKNODIK/JUNI/2006. Jakarta:PUSTEKOM.
Mardapi, D., (2008), Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset.
Sadtyadi, Hesti. (2019). Evaluasi Reflektif Pengembangan Karakter Bangsa (Nasionalisme) Dalam Pendidikan Agama Buddha Tingkat Sekolah Dasar. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 12(2):371–394.
Sadtyadi, Hesti. (2020). Keterlaksanaan Pendidikan Agama Buddha Dalam Implementasi Kurikulum. 4(1):1–12.
Sanaky, Hujair AH. (2011). Media Pembelajaran; Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: PT Kaukaba Dipantara.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sumardiono. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Memanfaatkan Multimedia Komunikasi Interaktif: Flowchart CAI dan Strategi Instruksional. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. (Vol.16 No.3). Hlm. 2.
Sutopo, Ariesto Hadi. (2003). Multimedia Interaktif dan Flash. Yogyakarta: PT Graha Ilmu.
Sutopo, Ariesto Hadi. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjakra, Wati. (2019). Pendidikan Buddhis Di Era Milenial. (1):22–27.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
