Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Construct 2 Pada Materi Meditasi Ketenangan Batin
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi construct 2 pada materi meditasi ketenangan batin untuk kelas VIII dan mengetahui kelayakan serta keefektifan dari media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reseacrh and Development (R&D). Peneliti mengacu pada langkah dari Borg and Gall dengan mengambil tujuh langkah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, dan tes.Kelayakan dari media di uji dengan validitas isi aiken dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbuch dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mendapat nilai aiken dari ahli media sebesar 1,0. Nilai aiken yang diberikan dari ahli materi sebesar 0,85. Ahli bahasa memberikan nilai aiken untuk media sebesar 0,85. Nilai Cronbuch Alpha sebesar 0,765. Hasil respon pendidik mendapatkan nilai sebesar 78,85% dan respon dari siswa mendapatkan nilai 93,97%. Media juga dikatakan sangat efektif dibuktikan dengan nilai n-gain sebesar 90,74%. Berdasarkan dari nilai-nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa media layak untuk digunakan pendidik Agama Buddha.
References
Ichida, N.A.F. (2018). Edukasi Game Jaga Sungai Kapuas Berbasis Android Menggunakan Coctruct 2. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi. 6 (3), pp. (126-132).
Mahavirothavaro, dkk. (2009). Meditasi 2. Jakarta: PT Yanwreko Wahana Karya.Ridho, F., dkk. (2019). Aplikasi Android Construct 2 untuk Media E-Learning pada Materi Peluang. Jurnal Matematika. 2 (2), pp. 165-171.
Salim, dkk. (2011). Ehipassiko. Jakarta: Ehipassiko Fondation.
Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Sulani, P & Hemajayo, S. (2011). Dharmacakra. Jakarta: CV Karunia Jaya.
Utami, Y. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Proyektor LCD Menggunakan Program Powerpoint terhadap Hasil Belajar dalam Menentukan Volume Kubus dan Balok pada Bangun Ruang. Jurnal Mantik Penusa. 1 (1), pp. 52-58
Yurdani, S., dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menganaisis Karya Sastra. Jurnal Mantik Panusa. 1 (1), PP.52-58
Kemampuan siswa dalam Menganalisis Karya Sasta. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 4 (1), pp. 736-746.
