Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Di Smp Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung

  • Sarbini Sarbini STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri
  • Hesti Sadtyadi STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri
  • Sujiono Sujiono STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri
Keywords: Lingkungan, Belajar, Motivasi, Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expost facto yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung pada bulan Februari - Juli 2018. Populasi dari penelitian ini adalah siswa beragama Buddha yang berjumlah 62 siswa.

Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung sebesar 0,101; 2) Adanya Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung sebesar 0,112; 3) Adanya pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung sebesar 23,4%

Published
2020-09-09