Pengaruh Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah dan Ketersediaan Waktu Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Di SMP Negeri 2 Kaloran Kab Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018

  • Heri Sujarwo STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri
  • Hesti Sadtyadi STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri
  • Sujiono Sujiono STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri
Keywords: waktu belajar, Pekerjaan Rumah, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) dan ketersediaan waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expost facto yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung pada bulan Februari - Juli 2018. Populasi dari penelitian ini adalah siswa beragama Buddha yang berjumlah 62 siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) adanya pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung dengan besar 0,332; 2) adanya pengaruh ketersediaan waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung dengan besar 0,652; 3) adanya pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) dan ketersediaan waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung sebesar 29,9%.

Published
2020-09-09