Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

  • Athaya Wahyu Garjita Universitas Sebelas Maret
  • Theofania Putri Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Keywords: Motivasi Belajar, Peran Guru, Siswa, Strategi Pembelajaran, Minat belajar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada metode-metode yang berhasil digunakan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, bagaimana cara guru untuk menciptakan suasana kelas yang positif dan mendukung sehingga siswa memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja peran-peran guru dalam menciptakan strategi untuk memberikan motivasi pada siswa. Metode yang digunakan peneliti adalah Literature Riview yang dimana penelitian harus melakukan beberapa tahapan. Mencari database di Google Scholar dengan menggunakan kata kunci yang relevan, menganalisis dan mensintesis dengan menggabungkan artikel-artikel yang telah dicari dan mencari pemahaman yang koheren tentang penelitian, serta menafsirkan nya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dituntut untuk menciptakan strategi dan pendekatan yang afektif untuk memotivasi belajar siswa seperti memberikan umpan balik yang cepat, menggunakan reward dan apresiasi, menggunakan teknologi dalam pembelajaran, dan membangun suasana yang positif dan menyenangkan. Motivasi belajar pada siswa merupakan hal yang sangat penting karena memiliki kebermaknaan, nilai, dan manfaat pembelajaran yang menarik siswa untuk aktif.

References

Sari, D. A., Misbah, H., & Ridwan, I. Q. (2021, February). Peran guru dalam membuat model pembelajaran daring yang inovatif dan kreatif terhadap motivasi belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi, 1(1 Agustus), 1-11.
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304-1309.
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855-4861.
Sari, W. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran guru dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa kelas V SDN tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2255-2262.
Darniyanti, Y., & Saputra, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sdn 04 Sitiung. Consilium: Education And Counseling Journal, 1(2), 193-205.
Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A. (2020). Motivasi belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual, 5(2), 348252.
Sumiati, S. (2018). Peranan guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 145-164.
Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi, 1(1 Agustus), 1-11.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974.
Dewi, FC, & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , 5 (1), 1-13.
Sumiati, S. (2018). Peranan guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 145-164.
Mokoagow, S. (2021). Peran Guru Pendamping dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Elementary Educational Research, 1(1), 20-26.
Setyawati, V., & Subowo, S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29-44.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh fasilitas dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46.
Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304-1309.
Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Herlina, P., & Agustiani, N. (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4039-4050.
Fatimah, S. (2020). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Kediwung Mangunan Dlingo Bantul. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(1), 165-188.
Published
2025-06-11
DOI : https://doi.org/10.53565/bahusacca.v6i1.1571