PERAN TEORI BEHAVIORISTIK DALAM MOTIVASI, KEDISIPLINAN DAN MINAT BELAJAR PADA SISWA
Abstract
Teori behavioristik adalah teori belajar yang menjelaskan mengenai perubahan perilaku maupun tingkah laku yang terjadi diakibatkan oleh interaksi antara distimulus dan responnya. Motivasi dan minat belajar sangat diperlukan untuk menentukan pembelajaran siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi, kedisiplinan dan minat belajar pada siswa dengan menggunakan teori belajar behavioristik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review. Pada literatur review ini menggunakan artikel yang diterbitkan tahun 2010-2024 di Google Scholar dengan kata kunci “Teori Belajar Behavioristik”. Banyak sekali artikel yang tersedia sebanyak 169 artikel dan yang paling sesuai dengan tema penelitian ini sebanyak 12 jurnal yang direview merupakan jurnal yang sesuai dengan arikel jurnal dengan tema Teori Belajar Behavioristik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teori behaviorisme, terutama melalui stimulus dan respon, serta perhatian terhadap lingkungan belajar dan pengaruh motivasi, sangat penting dalam meningkatkan keaktifan, minat, disiplin, dan karakter siswa. Pendidikan yang mendukung perkembangan fisik, mental, serta karakter siswa melalui pendekatan yang terstruktur dapat menciptakan hasil pembelajaran yang lebih baik.
References
Harni, S., & Tarjiah, I. (2018). Implementasi Teori Behaviorisme Dalam Membentuk Disiplin Siswa Sdn Cipinang Besar Utara 04 Petang Jatinegara Jakarta Timur. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 127. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6458
Hatija, M. (2023). Implementasi Teori-Teori Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Rabwah, 17(02), 129–140. https://doi.org/10.55799/jalr.v17i02.313
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Husni, M., & Kunci, K. (n.d.). Layanan Konseling Individual Remaja; Pendekatan Behaviorisme.
Kartika, A. W. (2024). Implementasi Teori Behavioristik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 62–68.
Minat Belajar, P., Belajar, M., Keluarga, L., Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar Ayu Karunia Wati, dan, Pendidikan Ekonomi, J., Ekonomi, F., Kelu-arga, L., & Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar, dan. (2019). Economic Education Analysis Journal How to Cite Sejarah Artikel. Analysis Jour-Nal, 8(2), 797–813. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31517
Model, M., Behavioristik, P., & Kelas, D. I. (2024). Upaya pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik melalui model pembelajaran behavioristik di kelas iv. 7(2), 59–69.
Muhid, F. N. V. dan A. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa : Literature Review. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling : Teori Dan Praktik), 05, No. 1(2019), 17–22.
Nafila, A., Utami, D., & Mardani, D. (2023). Teori Belajar Behaviorisme Ivan Pavlov dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri. Journal on Education, 5(4), 12332–12344. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2207
Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.92
Nuha, F. D., Anggriana, T. M., & Cristiana, R. (2022). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 83–91. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.248
Putri, F. Y., Nurwahidin, M., & Yulianti, D. (2022). Study Literature: Teori Belajar Behavioristik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 2(1), 52–57. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPPPI/article/view/26087/17067
Rachmah, A., & Lita. (2022). Konseling Behaviour dalam Penerapan Disiplin Belajar Siswa Yang Hiperaktif. Al-Akhbar: Jurnal Ilmiah Keislaman, 8(1), 15–20. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/aa/article/view/3039
Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48
Sipayung, Z., & Sihotang, H. (2022). Peranan Belajar Behaviorisme dalam Hubungannya dengan Teknologi Pendidikan Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7129–7138. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3871
Sobron, A. N., Titik, S., & Meidawati, S. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Sdn Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.
Sudarti, D. O. (2019). Kajian Teori Behavioristik Stimulus dan Respon dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 16(2), 55–70.
Sun, J. C. Y., Ye, S. L., Yu, S. J., & Chiu, T. K. F. (2023). Effects of Wearable Hybrid AR/VR Learning Material on High School Students’ Situational Interest, Engagement, and Learning Performance: the Case of a Physics Laboratory Learning Environment. Journal of Science Education and Technology, 32(1), 1–12. https://doi.org/10.1007/s10956-022-10001-4
Yolviansyah, F., Suryanti, Rini, E. F. S., Wahyuni, S., & Matondang, M. M. (2021). Revised: December 14. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 16–25. https://jta.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTA/article/view/7883/pdf
