PERAN KEBUTUHAN MCCLELLAND DALAM PEMBENTUKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL

  • Muhyiddin Attaqiy
  • Anindya Citra Maharani
  • Suparmi
Keywords: teori mccleland, motivasi belajar, era digital

Abstract

Motivasi belajar menjadi salah satu faktor penting keberhasilan akademik, terutama di era digital saat ini. Kemajuan teknologi memungkinkan siswa mengakses sumber belajar dengan mudah melalui internet dan platform pembelajaran online. Namun, era digital juga membawa tantangan, seperti gangguan dari banyaknya konten hiburan, yang dapat menghambat motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan pengajaran motivasi McClelland dalam lingkungan pembelajaran digital. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur dengan cara meninjau artikel-artikel relevan dalam 10 tahun terakhir melalui Google Scholar. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa teori McClelland yang mencakup kebutuhan berprestasi, kekuasaan, dan afiliasi dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi di era digital. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran, seperti gamifikasi dan layanan dukungan, telah terbukti meningkatkan prestasi siswa. Namun kesenjangan akses terhadap teknologi dan ketergantungan pada perangkat digital masih menjadi tantangan yang harus diatasi dalam mengembangkan motivasi belajar di masa depan.

References

AZURA, D., NISA, S., & SURIANI, A. (2024). IMPLEMENTASI MODEL BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SD. DEWANTARA: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA, 3(2).
DIANTI, S. A. T., PAMELASARI, S. D., & HARDIANTI, R. D. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA. ARTIKEL FMIPA UNNES.
ELISABET, E., RELMASIRA, S. C., & HARDINI, A. T. A. (2019). MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL). JOURNAL OF EDUCATION ACTION RESEARCH, 3(3), 285–291.
FATIN, S., KABRY, F. R., SYUAIRA, G. A., DALIMUNTHE, N. Q., SIMANJUNTAK, S. H., & NASUTION, I. (2023). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA DIGITAL. SINAR DUNIA: JURNAL RISET SOSIAL HUMANIORA DAN ILMU PENDIDIKAN, 2(4).
GAPSALAMOV, A. R., AKHMETSHIN, E. M., BOCHKAREVA, T. N., & VASILEV, V. L. (2020). “DIGITAL ERA”: IMPACT ON THE ECONOMY AND THE EDUCATION SYSTEM (COUNTRY ANALYSIS). UTOPÍA Y PRAXIS LATINOAMERICANA, 25(10), 170–186. HTTPS://DOI.ORG/10.5281/ZENODO.4155437
KARIMAH, U., ZUHDI, A. H., NURHABIBATULKAMILAH, A., & MUCHLIS, L. H. (2022). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI. GUNUNG DJATI CONFERENCE SERIES, 10.
LIM, K., GO, J., KIM, J., SON, J., JANG, Y., & JOO, M.-H. (2022). SUSTAINABLE EFFECT OF THE USEFULNESS OF AND PREFERENCE FOR DIGITAL TEXTBOOKS ON PERCEIVED ACHIEVEMENTS IN ELEMENTARY EDUCATION ENVIRONMENTS. SUSTAINABILITY, 14(11), 6636. HTTPS://DOI.ORG/10.3390/SU14116636
MAOLANA, N. (2021). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI (SURVEY PADA SMK NEGERI KARAWANG). JURNAL AKRAB JUARA, 6(3), 205.
MUNIR, M. (2022). MOTIVASI. ORGANISASI AL-IFKAR, 17(1).
OKTIANI, I. (2017). KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. JURNAL KEPENDIDIKAN IAIN PURWOKERTO.
PRATAMA, K. W., ROESMININGSIH, M. V., & SUHANADJI. (2022). STRATEGI PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PEMETAAN MENURUT TEORI MOTIVASI MCCLELLAND PADA SISWA KELAS V SD. JURNAL PENDIDIKAN, SAINS, SOSIAL DAN AGAMA, 8(1).
RAHAYU, P. (2019). PENGARUH ERA DIGITAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. AL-FATHIN, 2, JANUARI–JUNI.
PUTRI, Y. R., & NURJANNAH, N. (2022). OPTIMALISASI MANAJEMEN WAKTU DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. JOURNAL OF CONTEMPORARY ISLAMIC COUNSELLING, 2(2).
RIDHA, M. (2020). TEORI MOTIVASI MCCLELLAND DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI. PALAPA, 8(1), 1–16. HTTPS://DOI.ORG/10.36088/PALAPA.V8I1.673
RONZHINA, N., KONDYURINA, I., VORONINA, A., IGISHEV, K., & LOGINOVA, N. (2021). DIGITALIZATION OF MODERN EDUCATION: PROBLEMS AND SOLUTIONS. INTERNATIONAL JOURNAL OF EMERGING TECHNOLOGIES IN LEARNING (IJET), 16(4), 122–135. RETRIEVED NOVEMBER 29, 2024, FROM HTTPS://WWW.LEARNTECHLIB.ORG/P/220004/
SIBURIAN, M. E., ROMADONA, S. M. U., & PRATIWI, V. B. (2024). OPTIMALISASI PERAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI ERA DIGITAL. JURNAL MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 2(3).
SUPRIHATIN, S. (2015). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. G-COUNS: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 3(1), 73–82. HTTPS://DOI.ORG/10.31316/G.COUNS.V3I1.89
TYANINGSIH, R. Y., HAYATI, L., SARJANA, K., SRIDANA, N., & PRAYITNO, S. (2022). PENERAPAN METODE GAMIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI ANALITIK BIDANG MELALUI APLIKASI KAHOOT. GRIYA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION AND APPLICATION, 2(2).
Published
2025-01-23
DOI : https://doi.org/10.53565/bahusacca.v5i2.1549