PENGAKUAN DAN PENGHARGAAN MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR SISWA

Pengakuan, Penghargaan, Prestasi Belajar, Teori Humanisme

  • Laila Khansa' Muzaimah Universitas Sebelas Maret
  • Muhammad Fitrah Raffi Akbar
Keywords: Pengakuan, Penghargaan, Prestasi Belajar, Teori Humanisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas tentang pentingnya pengakuan dan penghargaan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu Literatur Review. Dengan tahapan mengidentifikasi, mengkaji, dan menafsirkan penelitian. Artikel Literatur Review menggunakan terbitan tahun 2020-2024 yang dapat diakses melalui Google Scholars. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan psikologis siswa memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang positif dan mendukung perkembangan individu secara menyeluruh. Pengakuan dan penghargaan terhadap siswa menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka. Penghargaan, baik dalam bentuk apresiasi verbal maupun non-verbal, mampu memotivasi siswa dan menciptakan suasana pendidikan yang inklusif dan adil. Melalui pendekatan yang konsisten dalam memberikan pengakuan dan dukungan, sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan pribadi dan potensi siswa secara optimal sehingga mencapai prestasi belajar siswa.

References

Nome, N. (2020). STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK. Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi, 2(2),158–176. https://doi.org/10.47457/phr.v2i2.44
Zulkifli, M., Darmawan, A., & Sutrisno, E. (2014). Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kinerja Guru. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02). https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.379
Uni Khoerotun Rizkiyah. (2023). Moral Education Of Students To Respond To Youth Determination. Beginner: Journal of Teaching and Education Management, 1(1), 7–16. https://doi.org/10.61166/bgn.v1i1.2
Sampurno, D., & Wibowo, A. (2017). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA, DAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 4 PANDEGLANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 3(2), 63. https://doi.org/10.21009/JPEB.003.2.5
Andy Pratama, M. F., & Putri Handayani, W. P. (2022). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan: Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Sosial Ekonomi Bisnis, 2(2), 62–70. https://doi.org/10.55587/jseb.v2i2.46
Sarbini, S., Sadtyadi, H., & Sujiono, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Di Smp Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung. JURNAL BAHUSACCA, 1(1), 44-52. https://doi.org/10.53565/bahusacca.v1i1
Ardiansah, D. F. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas 5 Di SDN 6 Wonogiri. JURNAL BAHUSACCA, 4(2), 65-71. https://doi.org/10.53565/bahusacca.v4i2.1084
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.
Mardiana, A., & Saleh, A. (2021). Pemberian Reward Terhadap Peningkatan Motivasi Kerja Karyawan Dalam Perspektif Islam. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 1-14
Karimah, E. (2013). Faktor- faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Jurnal Fashion and fashion Educatioan, (2)1
Oktavianingtyas, E. (2013). Studi Tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 13-26.
Cleoptra, Maria. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika.
Prawira, P. A. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Pustaka Indonesia.
Saudagar, F., & Pradana, H. C. (2020). Pengaruh Reward dan Komitmen Guru Terhadap Kepuasan Kerja Pada SMK Negeri Kota Jambi. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal, 02(01)
Wijaya, L. F. (2021). Sistem Reward dan Punishment sebagai Pemicu dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 1-11
Published
2025-01-17
DOI : https://doi.org/10.53565/bahusacca.v5i2.1545