Perencanaan Pembelajaran SD Negeri 4 Wonogiri

  • Dhea Dhea Amanda Septiani STABN RADEN WIJAYA
Keywords: Kata kunci : perencanaan pembelajaran, kurikulum merdeka, evaluasi pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan pembelajaran yang dilakukan
oleh dengan guru di SD Negeri 4 Wonogiri. Studi penelitian tersebut menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap guru SD
Negeri 4 Wonogiri yaitu Bapak Marsudiyono, S.Pd wali kelas 5B. Hasil wawancara
menunjukkan bahwa penyusunan RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran atau modul ajar
yang digunakan merupakan langkah yang sangat penting untuk memastikan bahwa
pembelajaran yang berlangsung secara terstruktur dan sesuai dengan kurikulum merdeka yang
berlaku saat ini. Guru juga menggunakan berbagai strategi untuk menjaga kelas agar tetap
kondusif, seperti memberikan motivasi awal kepada siswa. Guru juga melaksanakan evaluasi
pembelajaran yang dilaksanakan secara rutin untuk mengukur keberhasilan siswa. Evaluasi
juga digunakan untuk bahan refleksi bagi guru. Penggunaan media pembelajaran, alat peraga,
dan pendekatan kontekstual seperti belajar diluar kelas merupakan langkah yang inovatif dalam
medukung pemahaman siswa. Guru juga mengalami kendala dan tantangan dalam menyusun
rencana pembelajaran.
Contohnya guru harus menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan siswa dan
memanfaatkan teknologi secara maksimal dan memastikan bahwa materi pelajaran yang
diberikan sudah sesuai dengan standar kurikulum. Kendala tersebut sangat menyoroti perlunya
dukungan bagi pendidik, termasuk dalam pelatihan profesional untuk meningkatkan
kompetensi guru dalam menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran yang efektif membutuhkan
peran guru dalam merancang atau menyusun metode yang inovatif. Dapat memanfaatkan
media pembelajaran secara optimal, dan dapat menerapkan pendekatan kontekstual yang sesuai
dengan karakteristik siswa yang berbeda-beda. Meskipun sering mengalami kendala, proses
refleksi dan evaluasi secara konsisten dapat membantu guru meningkatkan kualitas
pembelajaran. Hasil temuan ini dapat memberikan wawasan yang penting untuk mendukung
peningkatan perencanaan pembelajaran sebagai kunci keberhasilan pendidikan ditingkat
sekolah dasar.

References

19413-Article Text-55707-1-10-20240525.pdf.crdownload. (n.d.).
adar BakhshBaloch, Q. (2017). No Title. 11(1), 92–105.
Al-faruq, Z. (2023). Peran Penggunaan Desain Evaluasi Untuk Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 158–171.
https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.587
Analisis kurikulum meredeka belajar (2). (n.d.).
Ardiansyah, Mawaddah, F. S., & Juanda. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka
Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.
https://jurnalfkip.samawauniversity.ac.id/JLPI/article/view/361%0Ahttps://jurnalfkip.samawauniversity.ac.id/JLPI/article/download/361/297
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian
Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student
Research (JSR), 1(2), 1–17.
Fakriah, N. (2019). Pendekatan Arsitektur Perilaku Dalam Pengembangan Konsep Model
Sekolah Ramah Anak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender
Studies, 5(2), 1. https://doi.org/10.22373/equality.v5i2.5585
Husein Batubara, H., & Noor Ariani, D. (2019). Model Pengembangan Media Pembelajaran
Adaptif DiSekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46.
http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna
Isnanto, I., Pomalingo, S., & Harun, M. N. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Di Sekolah
Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 7. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.392
Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan
11 Jurnal Bahusacca: Jurnal Pendidikan Dasar dan Manajemen Pendidikan, Volume 5 .No 1, November 2024
Perencanaan Pembelajaran SD Negeri 4 Wonogiri – Centika Candraningtyas, Dhea Amanda Septiani, Dwiyono Putranto
Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54.
https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628
Lailan, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset
Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Merdeka, P. K., Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 7174–7187.
Munthe, A. P. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI
PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal
Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-
14
Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, dan Prosedur. Ittihad,
1(2).
Nugraheni, A., Kafiliani, D., Karnia, F. T., & Hajron, K. H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kerja Kelompok. Prosiding
Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1675–1684. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Nurhasnaah, A., Hadiyanto, A. N. H., Narendra, D., Syauqi, A. H., Al Karamy, A. S., &
Fayyedh, F. A. (2024). Implementasi Guru Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran
(Rpp) Di Kelas Xi Sman 1 Ciomas. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(12), 41–50.
https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Priyadi, M. S., Rachmatia, M., Al Hadi, I. A., & Suhariyanti, M. (2024). Kendala Implementasi
Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Griya Cendikia, 9(1), 114–121.
https://doi.org/10.47637/griyacendikia.v9i1.1094
Raji, M. N., & Welu, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Menyusun Rencana Pembelajaran
Melalui Model Project Based Learning Pada Mahasiswa PGSD. Edukatif : Jurnal Ilmu
Pendidikan, 3(3), 972–979. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.488
Ruhansih, D. S. (2017). EFEKTIVITAS STRATEGI BIMBINGAN TEISTIK UNTUK
PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS REMAJA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap
Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). QUANTA:
Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 1(1), 1–10.
https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan
Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43.
https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206
Ulva, N. L., Kantun, S., & Widodo, J. (2018). Penerapan E-Learning Dengan Media Schoology
Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar
12 Jurnal Bahusacca: Jurnal Pendidikan Dasar dan Manajemen Pendidikan, Volume 5 .No 1, November 2024
Perencanaan Pembelajaran SD Negeri 4 Wonogiri – Centika Candraningtyas, Dhea Amanda Septiani, Dwiyono Putranto
Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia. JURNAL
PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu
Sosial, 11(2), 96. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6453
Zebua, F. R. S. (2023). Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika
Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.55
Published
2025-02-03
DOI : https://doi.org/10.53565/bahusacca.v5i2.1503