PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA DIGITAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR

  • Titik Nurwiati UNIVERSITAS SEBELAS MARET
  • Salma Belva Calysta Universitas Sebelas Maret
  • Suparmi
Keywords: ketrampilan abad 21, model pembelajaran, pendidikan karakter

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis  penerapan pendidikan karakter pada siswa SD di era digital saat ini. Fenomena yang masih memperlihatkan perilaku siswa yang kurang ideal menyoroti perlunya penguatan karakter, terlebih dalam konteks model pembelajaran berbasis keterampilan Abad 21 yang mulai diterapkan di berbagai sekolah. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kajian literatur, yaitu dengan menelaah sejumlah sumber buku, jurnal, dan referensi pendukung lainnya. Berdasarkan hasil kajian literatur, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter siswa SD saat ini dipengaruhi oleh tiga lingkungan utama: keluarga, sekolah, dan masyarakat. Penerapan pembelajaran berbasis keterampilan Abad 21 dalam proses pendidikan bertujuan untuk membangun karakter siswa secara optimal, sesuai dengan kebutuhan dan sasaran pembelajaran. Pada akhirnya, hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang menekankan pengembangan karakter peserta didik.tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan optimal. Salah satu tujuan pendidikan nasional pada umumnya adalah pengembangan karakter siswa.

References

Daftar Pustaka
Abidin,Y,Iskandar,S(2022),` Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21`,Jurnal Basicedu Vol 6 No 1, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084
Aini, Q., Nugroho, M. A., & Hidayanto, A. N. (2019). "Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Pendidikan di Indonesia." Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia

Aminah,A,Hairida,H,Hartoyo,A(2022),` Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar`,Jurnal Basicedu Vol 6No 5,
doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791
Al Inu, A. N. A. N., Fitriani, D., Bani, E. A. S., & Winandar, M. L. (2022). Peran Guru sebagai Agen Pembaharu dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9802-9808.
Ananda, R. A., Inas, M., & Setyawan, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran-STAI Bani Saleh, 2(1), 56-69, doi: https://doi.org/10.54125/wildan.v2i1.10
Aziz, A. (2022). Strategi Pendidikan Karakter di Era Media Sosial. Jurnal Pendidikan, 16(1), 65-76,doi: https://doi.org/10.36667/tf.v16i1.1349
Cetiya, T. (2022). Implementasi Salam Pagi Sebagai Pembiasaan Dan Keteladanan Positif Membangun Budaya Sekolah SD Kanisius Wonogiri. JURNAL BAHUSACCA, 3(1), 5-12.
doi: https://doi.org/10.53565/bahusacca.v3i1.1145
Dewi,D.A,Hamid,S.I,Annisa,F,Oktafianti,M,Genika,P.R(2021)`,Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital`,Jurnal Basicedu Vol 5 No 6, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi nilai dan moral dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter melalui pembelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169-5178,doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598
Imawan, M., Pettalongi, A., & Nurdin, N. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Era Society 5.0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 2(1), 323-328.
Kezia, P. N. (2021). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2941-2946. doi: https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 269-279, doi: https://doi.org/10.9000/jpt.v2i2.372
Limna, P., Kraiwanit, T., Jangjarat, K., Klayklung, P., & Chocksathaporn, P. (2023). The use of ChatGPT in the digital era: Perspectives on chatbot implementation. Journal of Applied Learning and Teaching, 6(1), 64-74. DOI: https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.32
Meliana, M. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Di Lingkungan SD Kanisius Wonogiri. JURNAL BAHUSACCA.DOI: https://doi.org/10.53565/bahusacca.v3i2.1100
Mones, A. Y., & Tmaneak, L. (2021). Dampak Efektivitas Pendidikan Tata Krama Dalam Keluarga Terhadap Pertumbuhan Karakter Anak Di Sdk Naileku. Selidik Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan, 2(2), 64-79.doi: https://doi.org/10.61717/sl.v2i2.50
Nurkholisah, F., Khusniyah, T. W., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Siswa SD Negeri Tungkulrejo Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. JRPD Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 26-33,doi: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7236
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328-4333,doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1565
Prasetya, R., & Wahyudi, A. (2019). Pengembangan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Terpadu." Jurnal Pendidikan Karakter
Putri, A. A., Nurantika, M., & Maulia, S. T. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Generasi Milenial di Era Digital. Journal on Education, 5(4), 13665-13675, doi: http://jonedu.org/index.php/joe
Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.
Rahman, F. A., Rohmah, M., Rustiani, S., Fatmawati, I. Y., & Zahro, N. A. D. S. (2023). Pendidikan Karakter Dalam Era Digital: Bagaimana Teknologi Mempengaruhi Pembentukan Moral Dan Etika. Journal of Creative Student Research, 1(6), 294-304.doi: https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i6.2975
Rahmatullah, A. S., Mulyasa, E., Syahrani, S., Pongpalilu, F., & Putri, R. E. (2022). Digital era 4.0: The contribution to education and student psychology. Linguistics and Culture Review, 6(S3), 89-107. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS3.2064
Santosa, H., & Wahyuni, D. (2020). "Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar untuk Membangun Karakter Siswa." Jurnal Pendidikan Karakter
Sari, D., & Rahayu, N. (2019). "Etika Digital dalam Pendidikan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia
Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1),doi: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i1.1795
Singh, M. N. (2021). Inroad of digital technology in education: Age of digital classroom. Higher Education for the Future, 8(1), 20-30. https://doi.org/10.1177/2347631120980272
Sunandari, Maharani,A.S,Nartika, Yulianti,C, Esasaputra,A(2023),` Perkembangan Era Digital terhadap Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar`,Journal on Education Volume 05, No. 04, pp. 12005-12009,doi: https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2161
Suriadi H.J, Firman .F, Ahmad R(2021)`,Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik`, Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3 No 1, doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Suryana,C,Muhtar,T(2022),` Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital`,Jurnal Basicedu Vol 6No 4,doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177
Published
2025-01-21
DOI : https://doi.org/10.53565/bahusacca.v5i2.1451