ANALISIS SISWA DISKALKULIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Diskalkulia, Mengatasi, Penyebab

  • Mahruf todi Prihantoro Universitas Sebelas Maret
  • Mah’ruf Todi Prihantoro
  • Muhyiddin Attaqiy
  • Suparmi Suparmi
Keywords: Diskalkulia, Mengatasi, Penyebab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya kesulitan belajar matematika anak diskalkulia di lingkungan sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah literatur review. Kesulitan belajar peserta didik yang mempunyai kekurangan pada kemampuan berhitung matematika disebut dengan diskalkulia. Diskalkulia dibatasi sebagai bentuk learning disability yang ditandai dengan kekacauan dalam berhitung, anak-anak biasanya memiliki kognisi sosial yang buruk, konsep arah dan waktu yang buruk, serta masalah ingatan, anak merasa kesulitan dalam membedakan bentuk geometris dan konsep bilangan Faktor penyebab kesulitan belajar matematika meliputi factor internal dan eksternal, dan strategi pembelajaran yang sesuai dapat membantu siswa mengatasi kesulitan tersebut, serta diperlukannya peran guru dan orangtua untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika. 

References

Anindya, S., Sunarsih, D., & Wahid, F. S. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Diskalkulia. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(02), 123-132.

Bastos, J.A, Cecato, A.M.T., Martins, M.R.I., Grecca, K.R.R., & Pierini, R., (2016). The prevalence of developmental dyscalculia in Brazilian public school system. [A prevalência da discalculia do desenvolvimento no sistema publico de educação brasileiro]. Arquivos de Neuro-Psiquiatria  74(3):201-206. DOI: 10.1590/0004-282X20150212
Barbosa, B. de S., Concentino, J., Blanco, M.B, & Luccas, S., (2017). Can mathematical games help with dyscalculia? [Os jogos matemáticos podem auxiliar a discalculia?] Espacios Volume 38, Issue 35, Pages 47 – 60
Carolina, D. L., Safitri, N., & Sukmanasa, E. (2020). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kesulitan Berhitung Permulaan. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 64-69.
Espina E, Marbán JM, Maroto AI. (2023). Technological Resources for Early Intervention in Cases of Dyscalculia: A Deductive-Inductive Categorization. OBM Neurobiology 2023; 7(4): 19; doi:10.21926/obm.neurobiol.2304191.
Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26-42.

Fatwana, H., Dasari, D., & Juandi, D. (2023). The Use of Learning Aids for Dyscalculia: Systematic Literature Review. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 639-652.

Heryanto, H., Sembiring, S. B. S., & Togatorop, J. B. T. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45-54.

Ibrahim, D. S. M., Santoso, A. B., Aswasulasikin, A., Hadi, Y. A., & Akbar,A. Z. (2021). Intervensi Dini Kesulitan Belajar (Diskalkulia) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 46-56.

Jalal, N. M. (2022). Intervensi Pada Siswa Dengan Kesulitan Belajar Diskalkulia. Jurnal J-Pimat. Makasar.

Khasanah, B. A., Sutriningsih, N., & Sektiawan, H. (2022). Inovasi Pembelajaran Anak Diskalkulia. Emteka: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 10-18.

Kurniawan, W., & Nurhasanah, D. (2020). Inclusive education in Bangka Belitung province of Indonesia: Challenges and opportunities. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 2(1), 61-79.

Kunwar, R., (2021). Dyscalculia in Learning Mathematics: Underpinning Concerns for Delivering Contents. DRISTIKON, VOL. 11(1), 127-144, RMC, MMC, DHARAN. DOI: https://doi.org/10.3126/dristikon.v11i1.39154

Kiranti, U., Ramadhani, D. F., Aulia, A., Supia, S., & Darmayanti, N. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Bagi Anak Diskalkulia Pada Anak Usia Dini. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 93-102.


Lisdiana, V. R., Ganda, N., & Apriani, I. F. (2021). Pengaruh model pembelajaran SPADE terhadap hasil belajar siswa: tinjauan literatur sistematis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 1045-1056.

Mela, D., & Armaini, A. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berhitung Penjumlahan Menggunakan Media Gelas Bilangan Bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(1), 151- 156.

Muqtafia, A. C., Kurniawati, A. I., Amanda, F. M., & Setiawaty, R. (2022, August). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya Pada Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Literature Review. In SEMINAR NASIONAL LPPM UMMAT (Vol. 1, pp. 296-309).

Mukminah, M., Hirlan, H., & Sriyani, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1 Anyar. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 1(1), 1-14.

Mufidah, A., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya pada Siswa Kelas IV SDN Bancaran 4 Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Mudrikah, DI, & Rahman, IK (2023). Analisis membantu Belajar Diskalkulia Pada Siswa (Penelitian Di Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Bogor). al-Afkar, Jurnal Studi Islam , 6 (1), 386-392.
Novitasari, A., & Fathoni, A. (2022). Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 5969-5975.

Ndasi, A. A. R., Iko, M., Meo, A. R., Bupu, M. Y., Dhiu, M. I., Inggo, M. S.,... & Wogo, R. (2023). Peran Guru Dalam Memberikan Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 173-181.

Nurfadhillah, S., Maula, NH, Amelia, SA, Fitriani, MA, Hanifah, H., & Agustin, JT (2021). Upaya Penanganan Kasus Diskalkulia (Kesulitan Belajar Matematika) Pada Siswa Kelas Iv Sdn Perumnas 5 Kota Tangerang. PENSA, 3 (3), 441-452.

Purnawan, D. Analysis and Methods of Overcoming Mathematics Learning Difficulties in Elementary School Students: Literature Review. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 4, No. 5, pp. 1353-1364).

Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2019). Diskalkulia (Kesulitan Matematika) Berdasarkan Gender Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Malang. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 288.

Rizqi, A. F., Adilla, B. L., & Sulistiyawati, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481-488.

Rofiah, N. H. (2015). Proses Identifikasi: Mengenal Anak Kesulitan Belajar Tipe Disleksia Bagi Guru Sekolah Dasar Inklusi. Inklusi, 2(1), 109-124.

Rusmono, D. (2019). Treatment for Students With Learning Disability That Can Be Done By Both Teachers And Parents: A Literature Review. Jkkp (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 6(02), 133- 140.

Rani, K., & Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 55-64.


Suzana, Y., & Maulida, I. (2019). Mengatasi Dampak Negatif Diskalkulia Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 15–26

Salma, A., & Waluya, S. B. (2023, December). Systematic Literature Review: Guided Inquiry Learning Model on Students' Mathematical Communication Ability in Inclusion Classes. In SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 320-328).

Sumantri, Dkk.  2007.  Perkembangan  Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93-101.

Zerafa, E. (2015). Helping Children with Dyscalculia: A Teaching Programme with three Primary School Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Volume 191,, Pages 1178-1182. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.516.
Published
2024-06-30
DOI : https://doi.org/10.53565/bahusacca.v5i1.1298