Membangun Karakter Pelajar Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar

  • Mari Mahalia STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri
Keywords: karakteristik, bakat, Pelajar Pancasila

Abstract

Pembangunan karakteristik peserta didik tidak bisa dibentuk secara singkat, artinya pembentukan karakter ini harus dilakukan sedini mungkin oleh pihak-pihak yang ada di sekitar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami karakte dan cara pembentukan peserta didik melalui program-program yang dijalankan oleh pihak sekolah dan dijalankan oleh semua peserta didik di sekolah. Program-program yang dijalankan di sekolah bertujuan untuk mengembangkan bakat yang ada di dalam diri peserta didik, setiap peserta didik tentunya juga memiliki bakat yang berbeda-beda sehingga pendidik juga harus pintar-pintar dalam memahami karakteristik setiap anak didiknya.  Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pembanguan karakter bisa dikembangkan dengan cara pengadaan ekstrakulikuler, kegiatan sosial, dan  pengadaan mata pelajaran tertentu yang berfungsi untuk pengembagan profil pelajar Pancasila dalam diri setiap siswa.

Kata kunciKarakteristik, bakat, dan pengembangan siswa

References

Lexy J. Moleong, Metodologi penelitian Kualitatif ( Bandung: Remaja Rosdakarya,200) cet. 18,h.5
Muhammad Rizal, Najmuddin, Muhammad Iqbal, Zahriyanti, Elfiadi. Kompetensi Guru Paud Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila do Sekolah Penggerak. Pendidikan Anak Usia Dini (2022).
Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 84–90. https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.127
Rika Wijaya S.Ps.i, dkk. Penguatan Profil Pelajar Pancasila (2023).
Enjang Sarip Hidayat. Refleksi Proyek Profil Pelajar Pancasila Berbasis Pancaniti. Pusat Pengembangan Pendidikan Penelitian Indonesia(2023).
Antonius Eko Wahyudi, Sunarni Sunarni, Nuril Ulfatin. Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Vol 8 No 2 (2023): Desember - Article in progress.
Siti Mustaghfiroh. Konsep “ Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Vol. 3 No. 1 (2020).
Agustinus Tanggu Daga. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Vol. 7 No. 3 (2021): July-September
Prof.Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Kebijkan Merdeka Belajar dan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Era Tatanan Baru. onference Series 3 (2) (2020) 21 – 33
Prof.Dr.H.E. Mulyasa, M.Pd. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Angkasa(2021)
Sofyan Mustoip. Implementasi Pendidikan Karakter. CV Jakad Publishing Surabaya 2018.
Dr. Steven Tubagus, M.Pd.K. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yang Efektif Dalam Pembentukan Karakter siswa. PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI(2021).
Published
2024-02-01
DOI : https://doi.org/10.53565/bahusacca.v3i2.1102