Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas Rendah SD Negeri 7 Wonogiri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk penerapan pembelajaran tematik kelas rendah serta upaya guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran tematik di SDN 7 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 7 Wonogiri. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga guru kelas rendah di SDN 7 Wnogiri. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara dengan perangkat pembelajaran tematik. Setelah itu dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data ke dalam tabel dan verifikasi untuk mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan pembelajaran tematik Kendala yang dialami oleh guru saat membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yakni guru kesulitan dalam memadukan mata pelajaran kompetensi dasar yang tidak berkaitan dengan kompetensi dasar lain. Upaya guru dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah guru tetap menerapkan pembelajaran tematik kepada peserta didik walaupun mata pelajarannya masih terlihat.
References
Dariaonto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintgrasi (Kurikulum 2013) Yogyakarta: Gayamedi.
Poerwadarmianta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Saputra, Targana A. "Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik." Eduhumaniora, vol. 1, no. 2, Jul. 2009, doi:10.17509/eh.v1i2.2736.
Mamat, S.B. dkk, 2017.Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran
Rusman. 2021. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Guru.
Muchlisin Riadi, 2020. Pembelajaran Tematik.
Sumber: Riyan, Ica, Azka, Dinda (Mahasiswa Aktif PGSD Semester 4)
Monika, . M. S. ., Sari, S. A. ., Syahrial, S., & Noviyanti, S. . (2022). Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 565–574.
