Peningkatan Keterampilan Siswa Dalam Memahami Aksara Jawa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Kartu Aksara

  • Amarta Putri Agustina STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri
Keywords: bahasa jawa, aksara jawa, kooperatif type jigsaw, kartu aksara

Abstract

Bahasa Jawa khususnya aksara Jawa menjadi salah satu mata pelajaran yang tidak disenangi oleh beberapa siswa. Hal ini disebabkan karena penyampaian materi yang monoton karena menggunakan metode ceramah. Dengan adanya penelitian ini, peneliti berharap keterampilan siswa dalam memahami aksara Jawa dapat meningkat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan catatan lapangan. Pada penelitian ini dilakukan dengan satu siklus yang dibagi menjadi 3 tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw melalui media kartu aksara ini siswa kelas VA SDN 1 Wonogiri dapat membaca dan menulis aksara Jawa dengan baik.

References

Abdullah, R. (2017). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF. Lantanida Journal .
Cucu Pusvita Kartikasari, U. H. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SD KELAS V. Journal of Elementary Education.
Dr. Subyantoro, M. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang.
Favrika, R. D. (2017). Keterampilan Menulis Aksara Jawa Ukara Lamba pada Siswa Kelas IV SDN Kebraon I/436 Surabaya. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran .
Hendri Leo Pradana, H. D. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN AKSARA JAWA (AMBARAWA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran.
Kusnandar, D. (2019). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
M. A. Hertiavi, H. L. (2010). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.
Muslich, M. (2013). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Malang: Remaja Rosdakarya.
Nur Ainun Lubis, H. H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam.
Published
2024-02-01
DOI : https://doi.org/10.53565/bahusacca.v4i1.1085