Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Metode Kerja Kelompok Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SDN 1 Pokoh Kidul
Abstract
This study aims to develop flashcard material for reading at the beginning of the first grade of elementary school. To achieve this goal, this study uses qualitative research methods. Based on the results of the small group test, the following data were obtained: (1) 100% Enjoyment, (2) 100% Security, (3) 100% Comfort, (4) 96.87% Language Aspect. Based on large group testing, the following data were obtained: (1) Enjoyment 94D44 (2) Security 100% (3) Comfort 94% (4) Language Aspect 97.18%. Based on the data obtained above, this multimedia flashcard product can be used without modification as an alternative to Indonesian learning to train the initial reading skills of grade 1 students of SDN 1 Pokoh Kidul
References
Depdiknas.2006. Standar Isi Satuan Pendidikan sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: KKPS Kabupaten Malang.
Hartati, T. 2016. Multimedia Dalam Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat. Jurnal Sekolah Dasar. 25(1):31-45
Irtadji, Tutut, C., & Rumidjan. 2014. Model Pelatihan Pembelajaran Kreatif Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 23(2): 65-78
Patty, R. 2015. Pengembangan Model Induktif Kata Bergambar pada Pembelajaran Menulis Permulaan di Kelas II SD. Jurnal Sekolah Dasar. 26(2): 34-45.
PISA. 2003. Measuring Student Knowledge and Skills: A New Framework for Assessment. Paris: OECD.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santosa. 2007. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Setyoningsih, Y. 2008. Penggunaan Alat Permainan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Trewung Kecamatan Grati
Kabupaten Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.
Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sukartiningsih, W. 2010. Pengembangan Media CD Interaktif untuk Membaca di Kelas 1 Sekolah
Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 19(2): 78-89 Tarigan. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Edisi Lima. Malang: Universitas Negeri Malang.
Zuchdi & Budiasih. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi dan Proyek Pengembangan Guru Sekolah Dasar.
