Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SD Negeri 1 Wonoboyo

  • Tri Ratnasari STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri
Keywords: Kurikulum Merdeka, sekolah dasar, Pelajar Pancasila

Abstract

Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai salah satu fokus dalam kurikulum merdeka belum sepenuhnya terlaksana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan kurikulum merdeka melalui implementasi (P5) di Sekolah Dasar (SD). Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menggambarkan berbagai fenomena dan kejadian dalam penelitian ini. Subyek penelitian diambil dari 34 siswa kelas IV dan 3 informan yang terdiri dari kepala sekolah dan 2 guru kelas yang sudah menerapkan kurikulum merdeka di SD. Data penelitian yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan P5 melalui tema kewirausahaan dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi dan karakter profil pelajar pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa P5 merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk memperkuat kompetensi dan karakter siswa sesuai dengan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka.

Kata kunci:  Kurikulum Merdeka, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, sekolah dasar

References

Ab Marisyah, Firman, R. (2019). PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG PENDIDIKAN. 3(6), 1514–1519.
https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.395
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Ansari, A. H., Keguruan, F., & Yusuf, M. (2022). Konsep dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Banjarmasin Kehadiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 1(1), 34–45. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/tmkm.v1i1.496
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety
Azis, R. (2018). Implementasi pengembangan kurikulum. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44–50. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4932
Aziz, F. Z., Setiawan, F., Hariadi, D., & Setianingsih, F. N. (2022). Transformasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan di Indonesia Sebagai Landasan Pengelolaan Pendidikan. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 217–228. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51278/aj.v4i2.438
Camellia, Alfiandra, Faisal, E. El, Setiyowati, R., & Sukma, U. R. (2022).
Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/satwika.020201
Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar NASIONAL Statistik, X, 1–
14. http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wp- content/uploads/erf_uploads/2021/11/Learning-Loss-Akibat-Pembelajaran-Jarak- Jauh-Selama-Pandemi-Covid-19-di-Indonesia.pdf
Eneng Martini, Edi Kusnadi, Dede Darkam, G. S. (2019). Competency Based Citizenship 21st Century Technology in Indonesia. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(IC2), 759–765. https://doi.org/https://doi.org/10.35940/ijrte.b1483.0882s819
Fatmawati, & Yusrizal. (2020). Analysis of the Utilization of Nature as a Learning Media in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities, 4(4), 8150–8154. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.2733
Fitria, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi guru terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. SEminar Nasional Pendidikan Sultan Agung, 4, 139–150.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Gusdini, N., Hasibuan, B., & Basriman, I. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 141. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i2.11574
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022).
Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 553–559.
Hudaidah, & Ananda, A. P. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–
108. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/sindang.v3i2.1192
Ichsan, F. N., & Hadiyanto. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Al- Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(2), 281–300. https://doi.org/10.47945/al- riwayah.v13i2.399
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbudristek.
Kusumawati, E., & Astuti, A. D. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Bagi Konselor.
Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara
PGRI Kediri, 9(2), 116–124. https://doi.org/10.29407/nor.v9i2.16701
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar.
Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840– 7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nugraha, J. (2022). Mengenal Tujuan Kurikulum Merdeka, Pahami Bedanya dengan Kurikulum Sebelumnya. merdeka. https://www.merdeka.com/jateng/mengenal- tujuan-kurikulum-merdeka-dan-penjelasannya-perlu-diketahui-kln.html
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran.
INOVASI KURIKULUM, 19(2), 250–261.
https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Putri Ayu Anisatus Shalikha. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 86–93.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
RAHAYUNINGSIH, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.
Santoso, G. (2020). The structure development model of pancasila education (Pe) and civic education (ce) at 21 century 4.0 era in indonesian. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 59, 1046–1054.
Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 84–90. https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.127
Setiyaningsih, D., Rosmi, F., Santoso, G., & Virginia, A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 279–286.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Alfabeta.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis
Published
2024-01-08
DOI : https://doi.org/10.53565/bahusacca.v2i2.1079