Evaluasi Kemampuan Belajar Membaca Siswa Kelas 2 Di SD N 6 Wonogiri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran membacapermulaan Bahasa Indonesia di kelas II SD N 6 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan meliputi wawancara dengan guru dan siswa, observasi terhadap kegiatan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran membaca permulaan di sekolah tersebut menggunakan evaluasi hasil yang terdiri dari evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilakukan melalui tes lisan, sedangkan evaluasi sumatif dilakukan melalui tes objektif. Evaluasi proses dilakukan untuk meninjau perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan proses pembelajaran. Evaluasi perkembangan membaca siswa terbagi menjadi evaluasi proses dan evaluasi produk. Evaluasi hasil belajar meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini memberikan gambaran tentang evaluasi pembelajaran membaca permulaan di kelas II SD N 6 Wonogiri dan dapat menjadi dasar untuk perbaikan proses pembelajaran membaca di sekolah tersebut.
Kata Kunci : Evaluasi, Membaca Permulaan, Kelas II SD N 6 Wonogiri
References
Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikran, dan kepribadian. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 306-319.
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H.H. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462-1470.
Laily, I.F. (2019). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Al Ibtida : Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1).
Rahma, M. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397-410.
Henry, Guntur Tarigan. (2018) Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Muhyidin, Asep. (2020). Evaluasi Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelas Awal Sekolah Dasar. Banten: Jurnal Program Studi PGMI. Vol.4. No.2. Hal. 141-142.
